Resep Cimol Rebus Enak Kenyal Anti Gagal


loading...
Cimol adalah singkatan dari aci digemol. Kata digemol sendiri maksudnya adalah dibalur dengan serbuk bumbu. Adapun serbuk bumbu yang digunakan boleh varian apa saja.

Bahkan jika suka pedas, Anda bisa hanya menggunakan serbuk cabai. Atau, bon cabe yang memang selain pedas juga sudah ada rasa asin, manis, dan gurihnya.

Cimol sendiri merupakan kudapan khas Sunda. Cimol biasa dijajakan di pinggir jalan dengan cara mangkal di pinggir jalan atau keliling dengan gerobak dorong.

resep cimol rebus enak kenyal antigagal

Meski sama-sama terbuat dari tepung sagu (tapioka/pati kanji), tapi tetap saja cimol memiliki rasa yang berbeda dibanding cireng crispy empuk (tidak alot) dan cilok kuah pedas mantap.

Awalnya, cimol dijajakan dalam bentuk digoreng. Tapi belakangan varian cimol rebus pun banyak diminati. Nah, anda juga bisa lho membuat cimol rebus sendiri di rumah yang enak dan kenyal seperti yang biasa dijual di pinggir jalan itu.


Bahan:
1. 200 gram tepung terigu.
2. 200 gram tepung tapioka.
3. 400 mililiter air mendidih.

Bumbu:
1. 3 siung bawang putih.
2. Garam dan lada putih bubuk secukupnya.
3. 0,5 sendok teh kaldu ayam instan.
5. 0,25 sendok teh penyedap rasa (MSG).


Tips:
1. Jika suka, Anda bisa menambahkan irisan daun bawang pada adonan cimol. Dengan begitu aroma dan rasanya menjadi lebih sedap.
2. Bila anti MSG, Anda cukup menggunakan kaldu ayam instan. Pun, bila tak suka menggunakan kaldu ayam instan, Anda bisa mengganti air mendidih dengan kaldu ayam mendidih, atau tambah jumlah bawang putih menjadi 5 siung.


Cara membuat cimol rebus yang enak kenyal dan antigagal:
1. Masukkan setengah takaran tepung tapioka dan tepung terigu ke dalam wadah, tuangkan setengah takaran air mendidih, aduk sampai tercampur rata.
2. Tambahkan semua bumbu yang sudah disiapkan, aduk sampai tercampur rata.
3. Sedikit demi sedikit secara bergantian, masukkan sisa tepung tapioka dan tepung terigu serta tuangkan air mendidih, aduk sampai tercampur rata dan dapat dibentuk.
4. Ambil adonan secukupnya, bulatkan dengan ukuran sesuai selera.
5. Tuangkan air ke dalam panci untuk merebus cimol, rebus sampai air mendidih.
6. Masukkan adonan cimol yang tadi sudah dibentuk, rebus sampai matang (terapung), angkat, dan tiriskan.
7. Susun di wadaj saji, tambahkan aneka bumbu serbuk atau bon cabe, cimol rebus yang enak dan kenyal sudah siap dihidangkan bersama teh tarik Aceh atau es Milo spesial.

Adapun resep cimol rebus enak kenyal antigagal ini cukup untk 6 orang.
loading...

Subscribe to receive free email updates: