Resep Ikan Pindang Tongkol Goreng Telur Tanpa Duri


loading...
Pindang adalah salah satu teknik pengawetan ikan secara tradisional yang dikenal oleh masyarakat Indonesia sejak dulu. Teknik pengawetannya sangat sederhana. Setelah ikan dibersihkan, kemudian ikan direbus dengan air dan garam sampai matang. Senyawa alami yang terkandung di dalam garam, terbukti cukup ampuh untuk mengawetkan daging ikan.

Biasanya, jenis ikan yang dipindang adalah ikan tongkol. Selain karena mudah didapat dan rasanya yang enak, ikan ini juga memiliki jumlah daging yang cukup banyak.

Tak perlu teknik macam-macam untuk memasak ikan pindang tongkol, cukup digoreng dengan menggunakan telur kocok berbumbu. Supaya lebih nikmat makannya, sebelumnya pisahkan daging ikan pindang tongkol dari durinya. Lalu, singkirkan bagian kepala dan ekornya.


Bahan untuk memasak ikan pindang tongkol goreng telur tanpa duri:
1. 1 kilogram ikan pindang tongkol, gunakan daging ikannya saja.
2. 3 butir telur ayam, kocok lepas.
3. Minyak sayur secukupnya untuk menggoreng.

Bumbu:
1. 0,25 sendok teh kaldu bubuk instan.
2. Garam dan lada putih bubuk secukupnya.


Cara memasak ikan pindang tongkol goreng telur tanpa duri:
1. Tambahkan garam, lada putih bubuk, dan kaldu bubuk instan ke dalam kocokan telur, aduk sampai tercampur rata.
2. Panaskan minyak sayur untuk menggoreng.
3. Celupkan daging ikan pindang tongkol ke dalam telur kocok, angkat, masukkan ke dalam minyak sayur panas, goreng sambil dibolak-balik sampai matang dan berwarna cokelat keemasan, angkat, tiriskan.
4. Susun di wadah saji, ikan pindang tongkol goreng telur tanpa duri siap dihidangkan. Masakan ikan ini paling cocok dihidangkan bersama resep sayur asem lengkap dengan bahan dan bumbu rahasianya serta resep sambal terasi mentah sedap.

Resep ikan pindang tongkol goreng telur tanpa duri ini setara buat 4 porsi atau lebih.
loading...

Subscribe to receive free email updates: