Resep Pepes Ayam Spesial Sehat dan Halal


loading...
Bumbu pepes tak sebatas diciptakan untuk ikan, tahu, atau telur asin. Ayam potong juga akan terasa enak bila dimasak dengan bumbu tersebut.

Ya, pada kesempatan ini Area Halal akan membahas resep pepes ayam. Berbeda dengan resep pepes ayam ditempat lain. Pepes ayam yang satu ini sunggu spesial. Nanti, Anda akan melihat perbedaanya setelah membaca daftar bahan dan bumbu serta cara masak pepes yang diusahakan dijelaskan secara rinci.

Berikut cara masak pepes ayam spesial serta takaran bahan dan bumbunya supaya lebih sehat dan dijamin halal untuk dikonsumsi.


Bahan untuk resep pepes ayam:
1. 1 ekor ayam negeri (begini tips masak ayam supaya sehat dikonsumsi), potong dengan bentuk dan ukuran sesuai selera.
2. 15 utas kemangi, petik daunnya saja. Daun kemangi juga enak ditambahkan untuk resep pecel terong bakar super pedas serta resep ikan kuah bening asam pedas.
3. 100 mililiter santan kental yang dibuat dari 0,25 butir kelapa.

Bumbu untuk resep pepes ayam:
1. 4 lembar daun salam, sobek-sobek.
2. 24 buah cabai rawit utuh.
3. 6 batang serai, gunakan bagian putihnya saja, potong-potong.
4. 1 sendok makan larutan air asam jawa. Bahan ini juga dibutuhkan ketika Anda ingin mengaplikasikan resep ikan bakar spesial dan istimewa atau resep sambal goreng krecek sedap pedas.
5. Garam, gula pasir, dan lada putih bubuk secukupnya.
6. 1 buah tomat merah, potong-potong. Kalau masih banyak sisa, bisa disimpan dan nanti digunakan untuk mencoba resep kebab daging ala turki halal atau resep selada padang sehat lezat.

Bumbu yang dihaluskan untuk resep pepes ayam:
1. 4 siung bawang putih.
2. 15 siung bawang merah.
3. 3 buah cabai merah keriting.
4. 8 butir kemiri.
5. Jahe seukuran 2 sentimeter. Selain digunakan sebagai bumbu masak, jahe juga dapat diolah menjadi aneka resep minuman. Seperti, resep minuman rempah yang baik untuk kesehatan atau resep bubur kacang hijau spesial lezat.
6. Kunyit seukuran 2 sentimeter.



Cara masak pepes ayam spesial:
1. Masukkan bumbu halus ke dalam wadah. Tambahkan bumbu lain, aduk sampai tercampur rata. Tuangkan santan, aduk rata.
2. Gunakan bumbu tersebut untuk membumbui potongan ayam (sebelumnya ditusuk-tusuk menggunakan garpu), diamkan selama 30 menit supaya meresap.
3. Ambil potongan ayam secukupnya beserta bumbu, letakkan pada selembar daun pisang, tambangkan daun kemangi, bungkus, semat dengan lidi sampai rapat.
4. Panaskan alat untuk mengukus. Kukus bungkusan pepes ayam sampai matang (lebih kurang selema 60 menit), angkat.
5. Susun di wadah saji, pepes ayam spesial yang sehat dan halal sudah siap dihidangkan bersama resep perkedel tahu daging kornet enak sederhana serta resep cah sawi sendok meyehatkan.

Resep pepes ayam spesial sehat dan halal lengkap dengan penjelasan cara masak pepes ini bila dibuat sesuai takaran cukup untuk 8 porsi sedang.
loading...

Subscribe to receive free email updates: