Resep Bolu Pisang Susu untuk Menu Makanan Bayi 6 Bulan


loading...
Bayi usia 6 bulan memang membutuhkan perhatian ekstra khusus. Terutama, soal makanan. Tidak sembarang makanan boleh dikonsumsi. Dikutip dari Ingin Anak Pintar & Sehat, Beri Salmon Sebelum Setahun, disebutkan, usia tersebut termasuk dalam periode keemasan bayi (golden period). Di mana perkembangan otak pada bayi begit pesat. Akan lebih baik bila hanya memberikan aneka makanan bernutrisi tinggi.

Namun tidak semua makanan bernutrisi tinggi boleh dikonsumsi begitu saja. Boleh dikonsumsi, namun tekturnya harus dilembutkan terlebih dahulu. Soalnya, meski sudah boleh mengonsumsi makanan-makanan padat, tapi untuk membuat menu makanan bayi 6 bulan haruslah dihaluskan terlebih dahulu. Bahkan untuk kue bolu.

Supaya teksturnya lebih lembut dan mudah dicerna, salah satu alternatif yang dapat dilakukan adalah melarutkannya dengan susu. Susu yang digunakan boleh susu ASI atau susu formula yang biasa dikonsumsi.


Nah, kalau ini Area Halal akan berbagi resep bolu pisang susu yang khusus dijadikan sebagai menu bayi 6 bulan. Dipilih bolu pisang karena buah yang satu itu kaya akan nutris dan meniral yang sangat baik untuk kesehatan bayi. Paling tidak buah ini kaya kandungan kalium, asam folat, fitamin A, fosfor, dan kandungan air yang cukup tinggi untuk stamina bayi supaya lebih lincah, segar, dan sehat.


Resep Bolu Pisang
Bahan kering untuk resep bolu pisang:
1. 300 gram tepung terigu protein sedang.
2. 200 gram pisang ambon, dihaluskan.
3. 250 gram gula halus.
4. 1 sendok makan baking powder.

Bahan basah untuk resep bolu pisang:
1. 225 garam margarin.
2. 5 butir telur ayam. Ini manfaat kuning telur buat kesehatan tubuh.
3. 125 mililiter susu ASI atau susu formula.


Cara membuat bolu pisang:
1. Masukkan margarin dan gula halus, kocok dengan menggunakan mixer sampai lembut (lebih kurang 7 menit).
2. Tambahkan pisang, kocok sampai tercampur rata.
3. Secara bergantian dan sedikit demi sedikit, sambil di-mixer, tambahkan telur ayam dan tepung terigu, di-mixer sampai tercampur rata.
4. Sedikit demi sedikit, bergantian, dan telur di-mixer, tambahkan baking powder dan susu, di-mixer sampai tercampur rata.
5. Tuang ke dalam loyang yang sebelumnya dioles margarin dan ditabur tepung terigu, ratakan.
6. Masukkan ke dalm oven, panggan dengan suhu 180 derajat celcius sampai matang (lebih kurang 50 menit), angkat.

Sampai di sini, bolu pisang boleh dikonsumsi untuk keluarga dengan usia lebih dari 1 tahun. Tapi, khusus untuk buah hati usia 6 bulan sampai kurang dari setahun harus dilembutkan terlebih dahulu.

Ide Penyajiaan
Ide penyakian bolu pisang untuk menu makanan bayi 6 bulan:
1. Ambil beberapa potong bolu pisang (lebih kurang 50 gram).
2. 50 mililiter susu formula atau susu ASI.

Masukkan potongan bolu pisang ke mangkuk atau gelas saji. Tuangkan susu, aduk sambil ditekan-tekan sampai teksturnya halus. Menu makanan bayi 6 bulan dari bolu pisang dan susu sudah siap dinikmati.

Kombinasi Menu
Supaya buah hati tidak boleh, Dalam seminggu, Anda bisa mengombinasikannya dengan aneka makanan pendamping (berbahan kentang) ASI untuk bayi 4 bulan, resep bubur untuk bayi 6 bulan pertama, serta resep smoothies untuk anak dan balita.
loading...

Subscribe to receive free email updates: