Cara Membuat Baceman Bawang dan Kemiri Bumbu Dasar Mie dan Nasi Goreng Jawa


loading...
Kalau Anda suka jajan di warung bakmi Jawa, pasti sering lihat pedagangnya menggunakan bumbu berwarna putih. Nah, itulah yang dimaksud bumbu baceman bawang putih dan kemiri. Bumbu tersebut merupakan bumbu dasar untuk memasak mie goreng, mie godok (rebus), dan nasi goreng.

Nah, Anda juga bisa membuat sendiri bumbu baceman tersebut. Cara membuatnya sangan mudah. Yang penting, Anda harus tahu komposisinya yang pas, agar menghasilkan cita rasa mie goreng, mig godok, dan nasi goreng yang enak nantinya.

Namun, sebelum lanjut ke kompisisi bumbunya, ada hal yang harus Anda ketahui. Agar bisa dijadikan sebagai stok di dalam kulkas, baceman bawang dan kemiri ini harus digoreng dengan minyak sayur.

cara membuat baceman bawang putih dan kemiri bumbu dasar mie dan nasi goreng Jawa

Sebab, jika hanya menggunakan air putih seperti baceman bumbu dasar yang digunakan pedagang bakmi Jawa, maka tidak akan bisa bertahan lama. Dengan kata lain, bumbu baceman hanya bisa bertahan seharian saja.

Namun, jika digoreng menggunakan minyak sayur, bumbu baceman bisa bertahan hingga lebih dari sebulan. Asal disimpan ditempat yang sejuk atau di dalam kulkas.

Sudah tidak sabar ingin segera mengetahui cara membuat bumbu baceman bawang dan kemiri sebagai bumbu dasar memasak mie goreng, mie godok, dan nasi goreng Jawa, bukan? Yuk, langsung simak penjelasannya berikut ini hingga tuntas agar hasilnya sesuah harapan.


Komposisi bumbu:
1. 250 gram bawang putih, kupas.
2. 50 gram kemiri yang sudah disangrai.
3. 100 mililiter minyak sayur.


Tips:
1. Perbandingan komposisi bawang putih dan kemiri adalah 5:1. Jadi jika ingin menambah atau mengurani jumlah kedua bumbu tersebut harus menggunakan perbandingan tersebut.
2. Tidak menutup kemungkinan untuk menambahkan garam pada bumbu baceman ini. Tujuannya agar bumbu baceman lebih tahan lama.


Cara membuat baceman bawang dan kemiri sebagai bumbu dasar mie dan nasi goreng Jawa:
1. Masukkan bawang putih dan kemiri yang sudah disangrai ke dalam food processor atau blender.
2. Tuangkan minyak sayur, giling hingga menjadi jus.
3. Matikan food processor atau blender, tuang ke wajan atau teflon.
4. Gunakan api sedang, aduk perlahan sampai harum dan matang, angkat, dan biarkan sampai suhunya dingin.
5. Simpan di wadah tertutup, baceman bawang dan kemiri sudah siap digunakan sebagai bumbu dasar mie dan nasi goreng Jawa pinggir jalan enak banget.

Mudah banget, bukan? Semoga berguna!
loading...

Subscribe to receive free email updates: