Cara Mudah Memasak Ayam Goreng Supaya Matang Sempurna dan Tidak Berdarah


loading...
Boleh dibilang, ayam goreng adalah makanan sejuta umat. Selain enak, ayam goreng juga mudah dimasak. Kita tinggal memarinasinya dengan bumbu, dan bisa langsung digoreng.

Tapi, yang jadi masalah, tidak mudah menggoreng ayam yang matang sempurna. Masalah yang sering terjadi adalah daging di bagian dalam masih basah dan berbau anyir.

Ayam goreng yang seperti itu tentu tidak layak dikonsumsi. Melihatnya saja, nafsu makan pasti langsung hilang.

Cara mudah memasak ayam goreng supaya matang sempurna dan tidak berdarah

Yang lebih parah lagi, tak jarang masih terlihat darah di bagian daging yang menempel dengan tulang. Konon, itu diakibatkan cara pemotongan ayam yang dilakukan tidak tepat.

Entah benar atau tidak, sebenarnya ada cara mudah yang bisa kita lakukan untuk memastikan ayam goreng masakan kita matang sempurna dan tidak berdarah. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Pastikan ayam dipotong secara benar

Jika Anda adalah umat Muslim, pasti akan sangat perhatian dengan asal muasal ayam potong yang dibeli di pasar atau pedagang sayur keliling. Pastikan, ayam yang kita beli berasal dari rumah potong ayam yang memperhatikan jaminan kehalalannya.

2. Rebus atau kukus sebelum digoreng

Untuk memastikan daging ayam matang sempurna hingga ke bagian terdalam, tidak ada salahnya untuk mengukus atau merebus terlebih dulu ayam potong yang nantinya akan kita masak menjadi ayam goreng.

3. Tusuk-tusuk dengan garpu

Sebelum digoreng, tusuk-tusuk permukaan ayam dengan menggunakan garpu. Dengan begitu, minyak goreng akan lebih mudah mematangkan daging ayam saat digoreng nanti. Selain itu, bumbunya juga akan lebih mudah meresap ke bagian dalam daging ayam potong.

4. Jumlah minyak sayur

Ketika memasak ayam goreng, perhatikan betul jumlah minyak sayur yang digunakan untuk menggoreng. Pastikan cukup untuk merendam seluruh bagian ayam ketika digoreng. Dengan begitu, seluruh bagian ayam mendapatkan pasokan panas yang cukup saat proses penggorengan.

5. Kontrol penggunaan api

Selain jumlah minyak sayur yang cukup, api kompor yang digunakan sewaktu menggoreng juga sangat berpengaruh. Pastikan api kompor tidak terlalu besar agar daging ayam matang sempurna ketika digoreng. Sebab, jika api yang digunakan terlalu besar, dikhawatirkan bagian dalam belum bisa matang sempurna.

Nah, itulah 5 hal yang dapat kita terapkan ketika memasak ayam goreng supaya matang sempurna dan tidak berdarah. Mudah banget, bukan? Semoga berguna!
loading...

Subscribe to receive free email updates: