Cara Memasak Telur Rebus Mulai dari Setengah Matang Hingga Matang Sempurna


loading...
Meski terlihat sederhana, tapi memasak telur rebus bukanlah perkara yang mudah. Apalagi jika dituntut harus memasak telur rebus setengah matang atau matang sempurna.

Pasalnya, kesukaan orang makan telur rebus pun berbeda-beda. Ada yang suka setengah matang, tapi ada pula yang suka matang sempurna. Bahkan, ada lagi yang sukanya makan telur rebus yang bagian putihnya sudah matang, tapi bagian kuningnya masih setengah matang.

Lantas harus bagaimana? Waktu adalah kuncinya. Sebab, untuk membuat berbagai telur rebus dengan berbagai tingkat kematangan, kita wajib tahu waktu yang tepat yang dibutuhkan untuk memasaknya, mulai dari telur mentah hingga matang sesuai dengan tingkat kematangan yang diinginkan.


Nah, pada kesempatan ini Area Halal akan menjelasakan tentang bagaimana cara memasak telur rebus dengan berbagai tingkat kematang (mulai dari setengah matang hingga matang sempurna). Simak baik-baik ya!

1. Bersihkan telur

Sebelum mulai merebus telur, bersihkan dulu telur dengan cara mencuci dengan air mengalir. Gosok perlahan cangkang telur agar kotoran yang menutupi pori-pori hilang. Ini harus dilakukan agar telur mudah menyerap suhu panas ketika direbus sehingga kita bisa menentukan waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan telur rebus dengan tingkat kematangan sesuai keinginan kita.

2. Rebus air

Untuk membuat telur rebus, sebaiknya rebus air terlebih dulu sampai mendidih. Dengan begitu proses merebus telur dengan tingkat kematangan yang kita inginkan lebih cepat.

3. Waktu yang dibutuhkan

Setelah air mendidih, telur mentah harus segera dimasukkan. Nah, berikut ini waktu yang dibutuhkan untuk merebus telur dengan tingkat kematangan yang berbeda-beda (mulai dari setengah matang hingga matang sempurna):

  • 2 menit setelah air mendidih, telur yang kita rebus biasanya bagian putihnya tidak sepenuhnya matang. Dan, tentu saja bagian kuningnya masih benar-benar mentah.
  • 4 menit setelah air mendidih, telur yang kita rebus bagian putihnya biasanya sudah matang. Sedangkan bagian kuningnya yang matang hanya bagian luarnya saja. Sementara bagian dalamnya masih berair.
  • 6 menit setelah air mendidih, telur yang direbus biasanya bagian putihnya sudah padat atau matang. Sedangkan bagian kuningnya pun sudah mulai padat, tapi bagian tengah dari kuning telurnya biasanya masih lembut (belum matang sempurna).
  • 10 menit setelah air mendidih, telur yang direbus, baik bagian putih maupun kuningnya sudah padat (matang sempurna).
  • Lebih dari 10 menit setelah air mendidih, telur sudah over cooking, dan biasanya teksturnya akan menjadi sangat padat.


Nah, sekarang sudah tahu kan bagaimana cara membuat telur rebus mulai dari setengah matang hingga matang sempurna? Semoga berguna!


loading...

Subscribe to receive free email updates: