Resep Perkedel Kentang Enak Seperti di Rumah Makan Padang


loading...
Kalau Anda adalah penggemar masakan Padang dan sering makan di rumah makan Padang, pasti sudah pernah kan mencoba perkedel kentang yang enak itu? Nah, kalau mau bikin sendiri, ternyata gampang banget lho.

Ya, pada kesempatan ini Area Halal akan mencoba membahas resep perkedel kentang yang enak seperti di rumah makan Padang. Dari sekian banyak varian resep perkedel kentang, rasa perkedel kentang khas Padang juga tak kalah enak lho!

Untuk membuat perkedel kentang Padang, sebenarnya semua ukuran kentang boleh digunakan. Tapi, agar lebih mudah dan cepat proses kupasnya, disarankan menggunakan kentang berukuran besar.

perkedel kentang enak seperti di rumah makan Padang

Cara membuatnya pun cukup mudah, hampir sama dengan cara membuat perkedel kentang pada umumnya. Yang membedakan tentu saja varian serta kompisisi bahan dan bumbu yang digunakan. Daripada penasaran sebenarnya apa komposisi yang bagaimana sih sehingga menghasilkan perkedel kentang yang seenak itu, yuk langsung simak ulasannya berikut ini.


Bahan:
1. 600 gram kentang, potong dengan bentuk dan ukuran sesuai selera, goreng sampai matang, haluskan.
2. 3 butir telur ayam, kocok lepas.
3. Minyak sayur untuk menggoreng.

Bumbu:
1. 1 sendok makan bawang merah goreng.
2. Garam dan gula pasir secukupnya.
3. 1 sendok teh kaldu ayam instan.

Bumbu yang dihaluskan:
1. 2 siung bawang putih.
2. 0,25 sendok teh lada putih.
3. 0,25 butir pala.

Pelengkap:
1. 1 sendok makan kornet daging sapi.
2. 1 utas seledri, gunakan daunnya saja, rajang sampai lembut.


Tips:
1. Selain telur ayam, kita juga bisa menggunakan telur bebek. Tapi jika menggunakan telur bebek, disarankan untuk menambah setengah dari jumlah bumbu yang dihaluskan. Ini bertujuan untuk mengurangi bau amis, karena dibanding telur ayam, aroma telur bebek lebih amis.
2. Jika menggunakan daging cincang segar, disarankan agar ditumis terlebih dahulu sampai setengah matang atau sampai matang. Ini untuk memastikan daging cincang segar sudah matang sempurna. Sebab, saat digoreng, asal telur yang melapisinya sudah matang dan warnanya sudah coklat keemasan, perkedel kentang harus sudah diangkat.
3. Selain kornet daging sapi atau daging sapi cincang segar, kita juga bisa menggunakan udang cincang atau ikan teri segar.


Cara membuat perkedel kentang yang enak seperti di rumah makan Padang:
1. Masukkan kentang tumbuk ke dalam wadah untuk membuat adonan perkedel kentang.
2. Tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan, daun seledri, garam, gula pasir, dan kaldu ayam instan, aduk sampai tercampur rata.
3. Tambahkan satu butir telur, aduk sampai tercampur rata.
4. Ambil adonan secukupnya, bulatkan kemudian pipihkan.
5. Panaskan minyak sayur untuk menggoreng.
6. Celupkan adonan yang sudah dibentuk ke dalam telur kocok, angkat.
7. Masukkan ke dalam minyak sayur panas, goreng sampai berwarna coklat keemasan, angkat, dan tiriskan.
8. Pindah ke wadah saji, perkedel kentang yang enak seperti di rumah makan Padang sudah siap dihidangkan, dan tentunya bersama anek makanan Padang, seperti ayam kemangi khas Padang dan kari nangka khas Padang.

Resep perkedel kentang enak seperti di rumah makan Padang ini cukup untuk 4 porsi atau lebih. Selamat mencoba!
loading...

Subscribe to receive free email updates: