Catat! Begini Cara Memasak Babat Agar Empuk, Sedap, dan Tidak Bau


loading...
Banyak masyarakat Indonesia yang suka makan babat. Bahan makanan yang berasal dari jeroan sapi atau kambing ini dapat dimasak dengan berbagai bumbu tradisional (khas) Indonesia yang kaya akan rempah. Seperti, bacem babat manis gurih atau babat goreng khas Madura.

Tapi tak semua orang bisa mengolah babat menjadi masakan yang lezat. Pasalnya, banyak tantangan yang harus diselesaikan ketika memasak babat.

Tantangan pertama adalah bagaimana cara memasak babat agar teksturnya empuk. Tantangan kedua adalah bagaimana cara menghilangkan bau babat yang tidak sedap itu.


Kebanyakan di antara kita tidak bisa menyelesaikan tantangan itu. Seberapa pas komposisi bahan dan bumbu pada resep yang kita punya, tapi jika 2 tantangan tersebut tidak bisa kita atasi, maka masakan babat pun akan menjadi kurang enak, kurang sedap, dan akhirnya tidak menyenangkan.

Nah, pada kesempatan ini Area Halal akan berbagi pengalaman kepada Anda bagaimana cara memasak babat sapi maupun babat kambing agar empuk, sedap, dan tidak bau. Simak ulasannya berikut ini!

1. Cuci dan bersihkan

Setelah mendapat babat sapi atau babat kambing dari pasar, tahap pertama yang wajib kita lakukan adalah mencuci dan membersihkannya. Tahap ini sangat penting dilakukan karena biasanya banyak kotoran yang tertinggal di permukaan babat yang bertekstur seperti handuk.

Mencuci babat pun tidak cukup hanya dengan menyiramnya dengan air mengalir. Permukaan babat yang bertekstur itu harus digosok. Untuk memastikannya benar-benar bersih, gosok dengan sikat.

2. Merebus

Tidak seperti daging atau jeroan ayam, babat sapi atau babat kambing tidak bisa langsung dimasak. Karena teksturnya yang cukup alot, sebelum dimasak dengan bumbu inti, babat harus direbus terlebih dulu sampai matang dan empuk.

Proses merebus babat memang membutuhkan waktu yang cukup panjang. Setidaknya membutuhkan waktu lebih 60 menit untuk mendapat tekstur babat yang empuk.

3. Menghilangkan bau babat

Nah, tahap ketiga ini yang tak kalah penting dari tahap kedua. Yaitu, menghilangkan bau babat.

Untuk menghilangkan bau babat yang tidak enak, kita bisa memanfaatkan beberapa jenis bumbu yang memiliki aroma kuat. Antara lain, daun salam, lengkuas, jahe, daun jeruk, dan serai.

Meski ada beberapa jenis bumbu yang bisa kita manfaatkan untuk menghilangkan bau babat, tapi tidak perlu menggunakan semuanya. Anda bisa menggunakan beberapa di antaranya saja.

4. Cara memasak babat agar empuk, sedap, dan tidak bau

Nah, Anda pasti akan bertanya, lantas bagaimana cara mengaplikasikan ketiga tahap yang sudah dijelaskan di atas? Tenang, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Bahan:
1. 500 gram babat.
2. Jahe seukuran 3 sentimeter, dimemarkan.
3. 1 batang serai, gunakan bagian putihnya saja, kemudian dimemarkan.
4. Lengkuas seukuran 2 sentimeter, dimemarkan.
5. 2 lembar daun salam.
6. 1 liter air putih.

Tips:
1. Kombinasi bumbu beraroma kuat boleh disesuaikan dengan persediaan dapur.
2. Ketika merebus babat, disarankan untuk menggunakan api kecil agar air tidak cepat habis.
3. Jika air hampir habis (proses penguapan), Anda bisa menambah air secukupnya.
4. Tambahkan sedikit garam untuk memberikan rasa.

Cara memasak babat sapi maupun babat kambing agar empuk, sedap, dan tidak bau:
1. Masukkan babat ke dalam panci.
2. Tuangkan air putih, dan tambahkan daun salam, serai, jahe, dan lengkuas.
3. Tutup panci, kemudian rebus sampai babat empuk. Untuk mengetahui babat sudah empuk atau belum, Anda bisa menusuknya dengan garpu.
4. Setelah matang dan empuk, tiriskan babat, dan siap untuk dimasak menjadi berbagai masakan enak.

Nah, tidak terlalu sulit kan memasak babat agar empuk, sedap, dan tidak bau. Selamat memasak!
loading...

Subscribe to receive free email updates: