Begini Cara Mudah Membuat Kaos Hitam yang Telah Pudar Jadi Cerah Kembali


loading...

Kaos hitam kerap membuat si pemakainya terlihat lebih keren. Khusus buat wanita, baju atau kaos hitam dipercaya membuat si pemakainya menjadi lebih terlihat cantik dan seksi. Tak jarang, warna tersebut juga dijadikan sebagai simbol jati diri yang berani dan mandiri.

Tapi, kesan seksi, berani, dan mandiri sepertinya tak akan optimal terefleksikan bila warna hitam pada kaos yang Anda kenakan sudah pudar, bukan? Jangan langsung berpikir untuk membuang atau menyingkirkannya ke gudang. Ada cara mudah yang dapat Anda aplikasikan untuk mengembalikannya menjadi berwarna hitam cerah.

Jangan pikir cara yang digunakan adalah dengan menggunakan wenter atau pewarna tekstil. Cara ini lebih simpel dan mudah untuk diaplikasikan. Soalnya, bahan utama yang digunakan untuk mengembalikan kecerahan kaos warna hitam itu berasal dari bahan alami dan biasanya hampir selalu ada di dapur.

Walau wanita, tapi Anda tentu tak asing dengan serbuk kopi hitam. Nyatanya, pigmen warna hitam dari serbuk kopi hasil pemanggangan itu bisa dimanfaatkan untuk mengembalikan warna kaos hitam menjadi cerah kembali.


Ingin tahu cara mengaplikasikannya? Begini penjelasannya seperti yang dikutip sindonews.com dari wikihow pada 23 Maret 2017.


1. Rendam hanya kaos hitam


Supaya kaos berwarna lain tak ikut menjadi hitam. Rendam kaos hitam di dalam mesin cuci secara terpisah. Yang direkomendasikan adalah air dingin. Jangan menggunakan air hangat, apalagi air panas. Sebab, warna hitam pada kaos kesayangan Anda nantu malah akan jadi pudar.

Perendaman ini bertujuan untuk memudahkan pigmen warna hitam yang ada pada kopi meresap ke dalam kain. Sehingga, proses pewarnaan alami dengan menggunakan serbuk kopi hitam menjadi lebih optimal.


2. Menyeduh serbuk kopi


Seduh rebuk kopi dengan air panas. Sebelum diaduk, tutup gelas yang digunakan untuk menyeduh kopi, supaya pigmen hitam keluar lebih maksimal. Kalau tak merepotkan, Anda bisa merebus serbuk kopi bersama air. Soal takarannya, dijelaskan, semakin banyak serbuk kopi yang digunakan, maka warna hitam yang dihasilkan akan semakin pekat.

Jangan langsung dituangkan ke dalam rendaman kaos hitam. Tunggu hingga suhunya turun menjadi dingin. Supaya suhu seduhan kopi lebih cepat turun, Anda bisa memanfaatkan kipas angin (penyejuk udara).

Setelah suhu turun, saring supaya ampas kopi tidak tercampur dengan rendaman kaos hitam. Sehingga, pembilasan yang nantinya akan dilakukan menjadi lebih mudah.


3. Tuangkan setelah mesin cuci nyala


Supaya hasilnya lebih merata, tuangkan cairan kopi hitam ke dalam rendaman kaos hitam ketika mesin cuci sudah dinyalakan. Proses penggilihan oleh mesin cuci, minimal 15. Tapi, bila Anda ingin mendapatkan warna hitam yang lebih cerah, semakin lama, warna hitam yang dihasilkan akan semakin pekat. Setelah itu, bilas dengan air bersih.


4. Jemur secara alami


Usai dibilas, jangan mengeringkannya dengan mesin cuci. Anda cukup memesar kaos hitam tersebut seperlunya. Selanjutnya, jemur secara alami. Yaitu, di bawah paparan sinar matahari. Tapi, sebelum dijemur, balik terlebih dahulu. Maksudnya, kaos bagian dalam dibalik keluar.

Begitu dirasa sudah kering, segera angkat. Jangan biarkan terlalu lama terkena paparan sinar matahari, karena warnanya akan jadi lekas pudar.


5. Jangan dicampur dengan kaos warna lain ketika mencuci

Setelah dipakai dan hendak mencucinya, supaya tak menodai kaos warna lain, jangan pernah mencampurnya dengan kaos warna lain. Sebab, meskipun sedikit, warna kaos hitam yang sudah dicerahkan dengan serbuk kapi akan jadi pudar. Mungkin juga akan luntur lama-kelamaan.


Mudah bukan? Tunggu apa lagi, segera kumpulkan kaos hitam yang sudah kadung Anda singkirkan di gudang. Cerahkan kembali warnanya dengan cara mudah ini. Selamat mencoba! Jangan kemana-mana dulu, simak juga para seleb yang beruntung dapat suami kualitas super dan rahasia di balik wajah cantik Tamara Bleszynski. (Area Halal - Yudha Putra Kusuma)
loading...

Subscribe to receive free email updates: