Cara Paling Ampuh Menghilangkan Jerawat di Dada dan Punggung yang Membandel


loading...

Cantik tak cuma urusan wajah. Buat wanita, urusan kecantikan itu meliputi ujung rambung hingga ujung kuku.

Sama halnya dengan jerawat. Jerawat itu tak cuma muncul di area wajah. Tapi, juga bisa dimana saja. Simak akar masalah jerawat membandel dan cara mengatasinya.

Adapun bagian tubuh yang kerap ditumbuhi jerawat, selain di area wajah, di antaranya pada bagian dada dan punggung.


Dibanding wajah, kulit area dada dan punggung lebih tebal. Selain itu, pori-pori juga juga lebih besar. Nah, dua kondisi tersebut yang membuat potensi munculnya masalah jerawat menjadi lebih parah daripada jerawat yang muncul di area wajah.

"Penyebab pastinya hal ini tetap menjadi misteri, namun terlepas dari lokasinya, jerawat terjadi akibat minyak berlebih, pori-pori tersumbat, bakteri, dan peradangan," demikian menurut American Academy of Dermatology yang dikutip dari liputan6.com [1] pada 13 Maret 2017.

Penyebab Jerawat

Lebih lanjut dijelaskan, sedikitnya terdapat 3 hal yang menyebabkan munculnya jerawat di punggung.

1. Keringat yang berlebih bercampur dengan minyak yang keluar dari permukaan kulit teriritasi. Sehingga, menyebabkan jerawat.
2. Pakaian ketat hingga menyebabkan kulit susah bernapas juga berakibat memicu munculnya iritasi dan tumbuhnya jerawat.  
3. Pakaian yang terlalu lama dipakai juga juga dapat memicu munculnya jerawat di area dada dan punggung. Pakaian yang secara terus menerus bersentuhan dengan kulit, menyerap minyak dan kotoran. Hal itu tentu saja menjadi tempat berkembang-biak yang sempurna bagi bakteri penyebab jerawat. Tak ayal bila, jerawat yang muncul pada area dada dan punggung kerap dibarengi dengan rasa gatal.

Nah, setelah tahu penyebabnya, tentu kita dapat lebih mudah menentukan langkah pencegahan dan cara mengatasi hingga menghilangkan jerawat membandel yang muncul pada area dada dan punggung.

Berikut cara ampuh menghilangkan jerawat di dada dan punggung yang membandel yang diperoleh dari beberapa sumber.


1. Mandi usai beraktivitas

Segera bersihkan badan dengan cara mandi bila aktivitas yang Anda lakukan menyebabkan banyak mengeluarkan keringan. Seperti, seusai olahraga, bekerja, atau aktivitas berat lainnya. Pasalnya, keringan berlebih yang bercampur kotoran pembawa bakteri menjadi tempat yang subur tumbuhnya jerawat.


2. Gunakan sabun mengandung benzoyl peroxide dan salicylic acid

"Jika jerawat pada punggung tergolong ringan dan muncul sesekali, Anda cukup membersihkan badan dengan sabun yang mengandung benzoyl peroxide dan asam salisilat," demikian dikutip dari hellosehat.com [2]. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ditambahkan, gunakan sabut tersebut setiap hari. Diingatkan juga, cara mengaplikasikan sabun tersebut juga jangan sampai menggosok pada tubuh terlalu kencang. Pasalnya, malah akan mengakibatkan jerawat memburuk.


3. Sering ganti pakaian bersih

Selalu kenakan pakaian bersih. Segera ganti pakaian Anda bila merasa bahwa pakaian yang Anda kenakan sudah kotor. Apalagi, pakaian yang Anda pakai untuk beraktivitas di luar ruangan.

4. Konsumsi antibiotik dan aplikasikan obat oles

Selain mengaplikasikan obat oles penghilang jerawat, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, disarankan juga untuk mengonsumsi antibiotik topikal. Masih menurut hellosehat.com, antibiotik tersebut bekerja membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat.


5. Hidari mengenakan pakaian terlalu ketat

Bila ingin memaksimalkan upaya menghilangkan jerawat membandel di area dada dan punggung, hindari mengenakan pakaian terlalu ketat. Apalagi, sampai menyebabkan pori-pori kulit menjadi susah bernapas.


6. Ganti seprei secara rutin

Biasakan mengganti seprei secara rutin. Semakin lama seprei digunakan, artinya semakin banyak pula keringan dan kotaran yang menumpuk. Bila sampai sering bersentuhan dengan seprei yang kotor, makan potensi munculnya jerawat jadi lebih menganga.


Nah, itulah beberapa cara ampuh yang dapat Anda aplikasikan untuk menghilangkan jerawat membandel yang muncul di area dada dan punggung. Intinya, biasakan diri untuk selalu menjaga kebersihan.

Sumber:
[1] http://health.liputan6.com/read/2610039/apa-penyebab-timbulnya-jerawat-di-punggung-dan-dada
[2] https://hellosehat.com/cara-mencegah-dan-mengatasi-jerawat-di-punggung/
loading...

Subscribe to receive free email updates: