Memanfaatkan Bahan di Dapur untuk Mengusir Kuman dan Bakteri Penyebab Bau Mulut


loading...

Banyak orang yang sering merasa sangat terganggu bila mencium bau mulut lawan bicara. Mungkin, Anda pun salah satunya.

Kondisi tersebut sangat tidak mengenakkan. Bagaimana tidak, Anda pasti akan merasa sungkan untuk memberitahukan hal tersebut kepada lawan bicara yang mulutnya bau. Apalagi, bila lawan bicara Anda itu adalah partner kerja.

Jika tidak memberinya tahu, akibatnya akan selamanya Anda mencium bau mulutnya yang tak sedap itu. Namun, kalau memberitahu, ada rasa tidak enak dalam hati Anda.

Bayangkan bila yang mengalami bau mulut tersebut. Sementara, partner kerja Anda juga tak ada yang memberitahukan masalah tersebut kepada Anda, karena tidak enak hati.

Menjadi sebuah langkah bijak bila Anda sendiri yang selalu memperhatikan bau mulut Anda sendiri. Cara paling objektif adalah dengan meminta tolong orang-orang dekat di lingkup keluarga.

Kalau ternyata bau tak enak itu memang bersarang pada mulut Anda, manfaatkan bahan di dapur yang satu ini. Yaitu, garam dapur.


Garam dapur yang memiliki sifat antibakteri dipercaya sangat ampuh membunuh bakteri dan kuman penyebab bau mulut.

"Penggunaan garam dengan konsentrasi rendah akan menyuburkan pertumbuhan bakteri. Tapi sebaliknya, jika penggunaan garam dengan konsentrasi tinggi atau yang tepa akan membunuh bakteri tersebut," dikutip dari manfaat.co.id [1] pada 8 Maret 2017.

Ditambahkan, kandungan iodium pada garam juga baik untuk mikroorganisme. Selain itu, juga tidak menimbulkan warna dan bau.

Lalu, bagaimana cara memanfaatkannya? Anda cukup melarutkan garam dengan air hangat. Kemudian, gunakan untuk berkumur.


"Masukkan satu sendok teh garam ke dalam satu gelas (250 ml) air hangat. Aduk hingga larut. Berkumurlan 2-4 kali sehari," begitu menurut drg. Monica Ruth Nirmala, seperti yang dikutip dari formulaoralcare.com [2].

Lebih lanjut dijelaskan, larutan air garam yang memiliki sifat basa, berkebalikan dengan bakteri-bakteri yang menyukai lingkungan asam. Oleh sebab itu, larutan air garam yang digunakan untuk berkumur sangat berkhasiat untuk menghambat proses pertumbuhan bakteri di dalam mulut.

Bila terdapat luka, ditambahkan, suhu air hangat juga dapat meningkatkan aliran darah di dalam rongga mulut. Sehingga, dapat membantu menyembuhkan luka.

Sumber:
[1] http://manfaat.co.id/manfaat-berkumur-dengan-air-garam
[2] http://www.formulaoralcare.com/air-garam-hangat-obat-kumur-alami/
loading...

Subscribe to receive free email updates: