Bahan dari Dapur Ini Bisa Dimanfaatkan untuk Kesehatan Organ Intim Wanita


loading...
Kesehatan organ intim wanita harus dijaga. Rasa gatal, vagina berbau, hingga keputihan harus segera disingkirkan. Apalagi, buat Anda yang sudah menikah. Tentu Anda akan merasa sangat malu bila bau tak sedap itu sampai tercium oleh suami, bukan?

Masalah bau tak sedap hingga keputihan sering menghantui para wanita. Kondisi yang terlalu lembab pada area intim kewanitaan, yaitu vagina kerap menjadi penyebab utamanya, selain masalah medis yang mungkin memang dialami.

Kondis yang terlalu lembab itu mengakibatkan potensi berkembang-biaknya bakteri, kuman, dan jamur menjadi semakin tinggi. Walhasil, bau tak sedap hingga keputihan pun akan muncul.


Kedua masalah tersebut, kerap dibarengi dengan rasa gatal yang sangat. Bahkan, hingga menyebabkan iritasi.

Dirangkum dari beberapa sumber, nyatanya ada bahan dari dapur yang bisa Anda manfaatkan untuk menjaga kesehatan organ intim wanita. Yaitu, garam dapur.


Menurut vemale.com [1] yang dikutip pada 8 Maret 2017, disebutkan bahwa garam dapur memang dipercaya dapat menghilangkan rasa gatal dan bakteri yang muncul pada vagina. Hal itu dikarenakan garam memiliki sifat antibakteri.

Cara mengaplikasikannya juga cukup mudah. Anda cukup melarutkan garam dapur secukupnya dengan menggunakan air hangat. Yang dibutuhkan hanya air hangat, bukan air mendidih.

Lalu, gunakan untuk membasuh vagina setiap kali terasa gatal. Atau, aplikasikan larutan air garam hangat itu pada vagina setiap kali mandi.

Cara tersebut diklaim cukup ampuh menghilangkan gatal dan bakteri yang sudah terlanjur bersarang pada area vagina. Selain itu, juga dapat mencegah berkembangnya bakteri.


Penggunaan garam mandi yang belakangin ini tengah marak dijual, menurut hellosehat.com [2], malah tidak disarankan. Penggunaan pewarna, pewangi, dan zat-zat tambahan lainnya, justru malah akan menimbulkan iritasi.

Tapi, jika memang tidak dikhususkan untuk membersihkan organ intim wanita sih boleh-boleh saja.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah cara mengeringkan vagina setelah mengaplikasikan larutan air garam hangat. Tidak pernah disarankan sampai menggosok vagina untuk mengeringkannya. Anda cukup menepuk-nepuk pelan area vagina. Handuk dan tisu yang digunakan pun harus yang bertekstur lembut.

Nah, sekarang sudah tahu kan cara memperlakukannya demi menjaga kesehatan organ intim wanita? Semoga bisa diaplikasikan secara rutin hingga merasakan khasiatnya.

[1] http://www.vemale.com/kesehatan/79031-atasi-vagina-gatal-ini-obat-alami-dari-dapur-anda.html
[2] https://hellosehat.com/cara-menjaga-kesehatan-vagina/
loading...

Subscribe to receive free email updates: