Begini Cara Mudah dan Cepat Menghilangkan Ketombe Membandel Akibat Jamur


loading...

Tak banyak orang tahu bahwa penyebab ketombe adalah jamur yang bersarang di kulit kepala. Sementara, selama ini beberapa hal yang kerap dituding sebagai penyebab munculnya ketombe, di antaranya, penggunaan jenis sampo yang salah, kulit kepala kering, stres atau kondisi cuaca.

Memang tidak selamanya salah. Selain dari jamur, munculnya ketombe memang bisa jadi disebabkan oleh serentetan hal tersebut. Tapi, semua upaya yang Anda lakukan untuk menghilangkan ketombe akan menjadi sia-sia bila ternyata penyebab munculnya ketombe pada kulit kepala Anda memang dikarenakan jamur.

Dikutip dari msn.com [1] pada 19 Maret 2017, salah satu jamur yang menyebabkan ketombe adalah eczema. Jamur tersebut tumbuh di kulit kepala. Celakanya, jamur ini berefek membuat kulit kepala menjadi kering dan rontok.

Disarankan, "Jika memang ketombe Anda disebabkan oleh masalah ini (jamur eczema), sebaiknya ganti perawatan (rambut) dengan sampo dan pilih produk yang membersihkan jamur tersebut."


Anda, ditambahkan, bisa memilih shampo yang mengandung zat anti-jamur penyebab ketombe. Seperti, ketoconazole, selenium, sulfide, asam salisilat atau pyrithione zinc. Kandungan zat tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengeksfoliasi kulit kepala.

Setelah Anda mendapakat shampo yang dibutuhkan, mulailah merestorasi kebiasaan Anda mengaplikasikan shampo.


Menggunakan shampo bukan asal mengaplikasikannya pada rambut, digosok, berbusa, kemudian di siram dengan air. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus menghilangkan kebiasaan tersebut.

Ketika mencuci rambut dengan menggunakan shampo, Anda juga harus membersihkan kulit kepala. Sebab, di bagian itulah ketombe muncul.

"Ketombe adalah masalah pada kulit kepala." Begitu menurut alodokter.com [2].

Indikasinya, ditambahkan, munculnya serpihan kulit kepala berwarna putih atau keabuan yang mengelupas. Biasanya, ketombe (kulit mati) itu menempel pada rambut dan atau hingga rontok ke baju yang Anda kenakan. Meski tak sampai menyebabkan penyakit serius, namun akan menimbulkan perasaan malu bila sampai diketahui oleh orang lain.

Nah, kalau tak mau seumur hidup malu gara-gara ketombe, ketika mencuci rambut, aplikasikan shampo yang Anda gunakan juga pada kulit kepala. Diamkan selama 1 menit hingga 2 menit. Tujuannya, supaya kandungan anti-jamur yang ada pada shampo dapat bekerja lebih optimal. Setelah itu, baru bilas dengan air mengalir hingga bersih.

Lakukan resetorasi tersebut hingga sebulan. Dan lihat efeknya. Bila, ketombe tetap saja muncul, itu artinya mungkin Anda mengalami kelainan pada kulit kepala atau karena penyebab lain. Kalau sudah begitu, mau tak mau Anda harus menyisihkan waktu untuk berkonsultasi dengan dokter ahli dermatologis (cabang ilmu kedokteran yang mempelajari tentang kulit dan bagian-bagian yang berhubungan dengan kulit). (Area Halal - Yudha Putra Kusuma)

Sumber:
[1] http://www.msn.com/id-id/gayahidup/ads-hair-tips/5-cara-menghilangkan-ketombe/ar-AAoeFHM?li=AA2FH4u
[2] http://www.alodokter.com/ketombe#
loading...

Subscribe to receive free email updates: