Hasil Studi: Anak Biasa Tidur Siang Memiliki Pemahaman Kata Lebih Baik


loading...
Usia anak-anak memang masa yang menyenangkan. Hampir semua waktu digunakan untuk bermain.

Namun, sebagai orangtua, Bunda juga harus benar-benar memperhatikan waktunya untuk beristirahat. Aktivitas bemain dan berlari tentu menguras banyak tenaga. Meski begitu, hampir tak pernah terlihat raut wajah letih, meskipun buah hati banyak beraktivitas.

Hal itu, menutut Bunda untuk lebih peka. Segera hentikan aktivitasnya dengan cara yang lembut. Terlebih bila nafasnya sudah mulai tersengal-sengal. Itu tanda bahwa tubuhnya membutuhkan waktu untuk istirahat.


Ketika siang hari, ada baiknya kalau Bunda mengajaknya untuk tidur sebentar. Atau, tak lebih dari satu jam. Selain untuk memberikan tubuhnya beristirahat, nyatanya tidur siang membawa dampak positif terhadap kecerdasan anak.

Seperti yang dikuti kompas.com dari dailymail.co.uk pada 11 Februari 2017, diperoleh hasil studi bahwa anak yang biasa tidur siang memiliki kemampuan memahami kata-kata dengan baik, dibanding anak yang tidak tidur siang.

Sejumlah peneliti dari Universitas of Arizona melakukan studi yang mempelajari kemampuan pemahaman kata-kata terhadap anak berusia 3 tahun. Studi ini bermaksud menguji kemampuan anak yang biasa tidur siang dengan anak yang tidak tidur siang.

Beberapa anak dikumpulkan, kemudian dibagi menjadi 2 kelompok. Masing-masing anak dalam 2 kelompok tersebut diberili pelajar kata-kata baru.

Selanjutnya, satu kelompok anak diminta untuk tidur siang. Sedangkan kelompok yang lain tidak.

Setelah 24 jam, kedua kelompok anak-anak tersebut diuji berkait pemahaman kata-kata baru yang sebelumnya telah diberikan. Walhasil, anak yang tidur siang memiliki pemahanan yang lebih baik dibanding anak yang tidak tidur siang.


Nah, jika ingin anak Bunda tumbuh menjadi anak yang cerdas, sepertinya mulai sekarang Bunda harus membiasakan tidur siang untuk anak Bunda. Tapi, Bunda juga jangan terlalu memaksa. Bujuk mereka dengan hal-hal baik. Itu lebih baik untuk kesehatan psikologi mereka, ketimbang menggunakan cara kasar. (Area Halal - Yudha Putra Kusuma)

Sumber:
http://health.kompas.com/read/2017/02/11/150000123/alasan.lain.anak.perlu.tidur.siang
loading...

Subscribe to receive free email updates: