Menangkal Mata Lelah dengan Rumus 20-20-20


loading...

Di era modern seperti sekarang ini hampir semua orang tak bisa lepas dari layar komputer, laptop, atau layar smartphone. Selain karena tuntutan pekerjaan atau gaya hidup, ketiga benda gadget tersebut selalu mewarnai hari-hari kita.

Padahal, berlama-lama menatap layar komputer, laptop, atau layar smartphone bisa berdampak buruk buat kesehatan mata. Salah satunya adalah mata lelah.

Saking lamanya mata menatap layar gadget maka otot mata menjadi tegang. Tak jarang juga sampai jarang berkedip, sehingga mata menjadi kering.

Ini tentunya bisa menjadi masalah yang serius bila berlangsung dalam kurun waktu lama. Bila tak dihiraukan, potensi terjadinya sakit mata akan menjadi lebih besar. Tak jarang pula mata lelah sering dibarengi dengan sakit kepala.


Disarankan oleh dr. Ikhsan Revino, SpM dari klinik mata SMEC Jakarta, seperti yang dikutip dari rubrik.okezone.com [1] pada 18 Maret 2017, setelah membaca atau menatap layar komputer atau gadget selama 20 menit, istirahatkan mata selama 20 detik. Caranya dengan melihat benda berjarak 20 kaki (lebih kurang 6 meter). Hal itu sering dikenal dengan rumus 20-20-20.

Ditambahkan, rumus 20-20-20 itu bertujuan untuk membuat mata kembali segar. Disarankan pula supaya sering berikedip. Tujuannya untuk memberikan kelembapan yang cukup pada mata, sehingga mata tidak menjadi kering.


Tentu saja, upaya pencegahan mata lelah juga harus dibarengi dengan mengonsumsi bermacam bahan makanan yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan matan. Udang, salah satunya.

"Seafood yang satu ini (udang) sangat baik untuk mata Anda. Ini (udang) dapat mencegah kelelahan mata terutama jika Anda memiliki kebiasan bekerja di depan komputer." Demikain menurut health.rakyatku.com [2].

Pemilihan udang sebagai bahan makanan penunjang kesehatan mata bukan tanpa alasan. Seperti yang diketaui umum, udang juga mangandung vitamin A yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

Di samping itu, udang juga mengandung segudang nutrisi yang juga dibutuhkan tubuh. Seperti, vitamin B6, B12, niasin, riboflavin, thiamine, yodium dan mineral (kalium, magnesium, zinc, fosfor, natrium, kalsiun, dan zat besi).

Selain udang, Anda juga bisa memanfaatkan bahan makanan seafood lain. Misalnya, daging ikan salmon, makarel, tongkol, dan tuna.

Keempat jenis ikan laut tersebut kaya asam lemak DHA yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata. "Retina kita mendung DHA. Kadar DHA yang terlalu rendah dalam retina akan menyebabkan sindrom mata kering." Begitu kata Jimmy Lee MD, Direktur Bedah Refraktif di Montefiore Medical Center, New York, seperti yang dikutip dari healt.kompas.com [3].


Selain ikan dan udang, bahan makanan lain yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata dan tentu saja dapat mencegah mata lelah adalah sayuran. Selain wartel, juga berasal dari sayuran hijau. Pasalnya, sayuran hijau mengandung lutien dan zeaxanthin yang mampu menurunkan risiko degenerasi markula dan katarak. (Area Halal - Yudha Putra Kusuma)

Sumber:
[1] http://rubik.okezone.com/read/35956/5-cara-mengatasi-mata-lelah
[2] http://health.rakyatku.com/read/2066/2016/04/28/manfaat-udang-untuk-kesehatan-
[3] http://health.kompas.com/read/2017/01/20/160500623/5.makanan.selain.wortel.yang.baik.untuk.kesehatan.mata
loading...

Subscribe to receive free email updates: