Ini Dia Bahan Makanan Paling Manjur untuk Menjaga Kesehatan Payudara


loading...

Payudara merupakan organ wanita yang harus selalu dijaga kesehatannya. Salah-salah, malah Anda sendiri yang bakal menanggu risiko buruk bila tak mempedulikan urusan kesehatannya.

Selain dengan perawatan luar, kaum wanita juga bisa memaksimalkan upaya menjaga kesehatan payudara melalui perawatan dalam. Salah satunya adalah dengan cara mengonsumsi aneka bahan makanan yang berkhasiat memberikan efek positif terhadap kesehatan payudara.

Dirangkum dari nova.id [1] pada 21 Maret 2017, berikut bermacam bahan makan yang diyakini berkhasiat meningkatkan kesehatan payudara:


1. Buah Plum

Kanker payudara menjadi momok tersendiri bagi wanita. Sudah banyak wanita terenggut nyawanya lantara mengidap penyakit mematikan tersebut. Buah plum sangat efektif untuk menangkan penyakit tersebut. Pasalnya, buah plum mengandung jenis antioksidan kuat yang dikenal sebagai polifenol. Antioksidat tersebut mempunyai kemampuan menghentkan pertumbuhan sel kanker pada payudara. Tentunya dengan mengonsumsi buah plum secara rutin, secara otomatis Anda telah melakukan pencegahan risiko terkena penyakit kanker payudara.

Menurut sebuah studi yang dilakukan di Father Muller Medical College, dikutip dari merdek.com [2], buah plum juga mengandung anti-neoplastic yang bisa mencegah kanker.


2. Kacang kenari

Selain ikan tuna dan salmon, tentunya sudah banyak orang tahu bahwa sumber makanan kaya kandungan lemak omega-3 dari jenis kacang-kacangan adalah kacang kenari. Salah satu jenis kacang-kacangan tersebut mengandung pitosterol atau antioksidan yang sangat berkhasiat untuk mencegah kanker payudara.

Dikutip dari wolipop.detik.com [3], dalam sebuah studi, para pengeliti yang ingin mengetahui pengaruh konsumsi kenari terhadap perkembangan kanker payudara pada tikus percobaan, menyimpulkan bahwa asam lemak omega-3 bersama-sama phytosterols, polyphenols, carotenoids, dan melatonin merupakan komponen bioaktif yang bisa menghambat pembentukan kanker payudara.


3. Brokoli

Selain polifenol dan pitesterol, senyawa lain yang nyatanya mampu mencegah pertumbuhan sel kanker pada payudara adalah sulforaphane. Nah, senyawa ini rupanya banyak ditemukan pada brokoli. Dengan mengonsumsi secara rutin, tentunya dapat menjaga kesehatan wanita. Utamanya bagi kesehatan payudara.


4. Ikan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, omega-3 memang cukup efektif untuk menangkal pembentukan kanker payudara. Nah, ada baiknya kaum hawa juga membiasakan diri untuk sering mengonsumsi bahan makanan kaya asam lemak omega-3. Ikan, salah satunya. Ikan tuna dan salmon, misalnya. Kedua jenis ikan tersebut kaya kandungan asam lemak omega-3.


5. Minyak zaitun

Setidaknya terdapat 2 senyawa yang terkandung di dalam minyak zaitun yang sangat berkhasiat untuk mencegah pertumbuhan sel kanker payudara. Yaitu, antioksidan dan oleat.


6. Peterseli

Selain brokoli, jenis sayuran lain yang kaya kandungan senyawa bermanfaat untuk menjaga kesehatan payudara wanita dari risiko terkena kanker adalah peterseli. Di dalam peterseli terdapat senyawa apigenin yang efektif memerangi sel kanker.

Nah, sedikitnya keenam bahan makanan tersebut yang dapat Anda eksplorasi khasiatnya untuk menjaga kesehatan payudara. Terutama, kesehatan payudara dari risiko terkena peyakit kanker payudara. (Area Halal - Yudha Putra Kusuma)

Sumber:
[1] http://nova.id/Kesehatan/Wanita/Ingin-Payudara-Sehat-Dan-Kencang-Jangan-Lupa-Rutin-Konsumsi-6-Makanan-Berikut
[2] https://www.merdeka.com/sehat/cegah-kanker-dan-osteoporosis-dengan-buah-plum.html
[3] http://wolipop.detik.com/read/2011/09/20/173759/1726718/1135/kacang-kenari-cegah-risiko-kanker-payudara
loading...

Subscribe to receive free email updates: