Rambut Rontok, Atasi dengan 7 Makanan Ini


loading...

Rambut rontok bukan cuma masalah yang menghantui kaum wanita saja. Pria juga kerap dihantui masalah tersebut.

Masalah kerontokan rambut biasa terjadi di usia dewasa. Itu wajar, bila jumlah rambut yang rontok tidak lebih dari 10 helai per hari. Tapi, menjadi tak wajar bila rambut yang rotok itu lebih dari 50 helai per hari. Bisa jadi, hal itu membuat siapa saja menjadi cemas.

Banyak hal yang dituding sebagai penyebab masalah tersebut. Mulai dari penggunaan jenis sampo yang salah hingga gaya hidup tidak sehat. Seperti, merokok dan mengonsumsi alkohol.

Yang jadi masalah, banyak orang yang sudah menggunakan sampo yang sesuai dengan jenis rambutnya dan bukan perokok maupun peminum alkohol, tapi tetap saja rambutnya sering rontok. Lalu, apa yang salah?

Mungkin, Anda juga harus tahu tentang hal ini.

Bukan cuma tubuh yang butuh nutrisi. Rambut pun membutuhkan nutrisi. Terutama, nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga kesuburan dan kesehatan batang rambut. Bila batang rambut kuat, masalah rambut rontok pun bisa diminimalisir.

"Seperti bagian lain dari tubuh atau komponen kesehatan, rambut membutuhkan berbagai nutrisi untuk tumbuh dan menjadi sehat," demikian kata Rania Batayneh, ahli gizi dan penulis The One One One Diet, dikutip dari liputan6.com [1], Rabu, 7 Maret 2017.

Oleh sebab itu, Anda juga perlu membiasakan diri untuk mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan rambut. Harapannya, pertumbuhan rambut menjadi subur dan kuat.

Masih dikutip dari liputan6.com, salah satu nutrisi baik yang diperlukan untuk mengatasi rambut rontok adalah omege-3 asam lemak. Nutrisi tersebut berkhasiat menguatkan batang rambut dan membran sel pada kulit kepala. Jadi, manfaat omega-3 tak cuma berguna menambah kecerdasan otak saja.

Setidaknya terdapat 7 bahan makanan yang kaya nutrisi berupa omega-3 asam lemak. Yaitu:


1. Biji rami

Mungkin Anda kurang familier dengan biji rami. Wujudnya mirip biji kwaci. Tapi, warnanya lebih gelap dan mengkilap.

Ya, bahan makanan ini memang belum umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Padahal, khasiatnya begitu banyak. Selain berkhasiat untuk menyehatkan batang rambut dan mencegah kerontokan, menurut wikihow.com [2], biji rami yang kaya omega-3 ini juga berkhasiat untuk kesehatan jantung, mengoptimalkan ketaraturan sistem tubuh, dan mampu memberikan perlindungan dari berbagai jenis kanker.

Anda bisa mengonsumsi biji rami dengan berbagai cara. Di antaranya, mengolahkanya menjadi minyak atau yang paling mudah adalah mencampurkan biji rami dengan berbagai makanan dan minuman. Cara terakhir itu bisa dilakukan dengan menghaluskan terlebih dahulu biji rami. Bisa dengan cara ditumbuk atau diblender.


2. Walnut

Dibanding biji rami, mungkin sudah banyak orang Indonesia yang mengenal walnut.

Walnut merupakan jenis kacang-kacangan yang memang umum dijadikan bahan konsumsi. Kandungan omega-3 yang ada di dalamnya juga berkhasiat untuk menguatkan batang rambut. Tak hanya itu, walnut juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung. Simak Ini Dia Makanan Sehat untuk Jantung 2.

Umumnya, walnut diolah menjadi aneka cemilan atau makanan ringan. Seperti, kue dan cookies.


3. Salmon

Dibanding biji rami dan walnut, ikan salmon tentu lebih mudah dikonsumsi. Pasalnya, banyak aneka masakan yang dapat diolah dari bahan makanan yang kaya omega-3 ini. Lihat: resep ikan salmon goreng tepung renyah atau resep salmon kukus bumbu minimalis lezat menggoda selera. Aplikasikan kedua resep masakan tersebut, kemudian konsumsi secara teratur, sehingga masalah rambut rontok pun akan lebih cepat teratasi.


4. Tuna

Selain salmon, daging ikan tuna yang kaya akan omega-3 sering dikait-kaitkan dengan peningkatan kecerdasan otak. Itu memang benar. Tapi, efek positif lain dari mengonsumsi daging ikan tuna adalah mendapatkan batang rambut kuat dan terhindar dari masalah kerontokan rambut.

Sama mudahnya dengan salmon, tuna juga bisa diolah menjadi berbagai masakan. Lihat referensinya di resep ikan tuna goreng aroma spesial dan resep ikan tuna bumbu kuning tanpa santan.


5. Kale

Kale merupakan salah satu jenis sayuran berhijau daun. Selain berkhasiat untuk menjaga kesehatan rambut, kale juga kaya serat yang dapat menunjang kesehatan pencernaan.

Kale biasa dimasak tumis atau dijadikan sebagai bahan untuk membuat jus. Setelah tahu banyak manfaatnya untuk kesehatan, belakangan salah satu jenis sayuran ini mulai banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia.


6. Kubis Brussel

Selain untuk menguatkan rambut supaya tidak mudah rontok, menurut perpustakaanindonesia.com [3], kubis brussel mengandung beberapa flavonoid anti-oksidan. Seperti, tiosianat, indoles, lutein, zea-xanthin, sulfarophane dan isothiocyanate. Beberapa flavonoid itu, disebut dapat mencegah masalah pada prostat, usus, dan kanker endometrium.


7. Minyak lobak

Sayur lobak yang biasa kita konsumsi juga kaya kandungan omega-3 yang berkhasiat untuk mengatasi masalah rambut rontok. Anda dapat mengonsumsinya dengan beragam cara. Yang paling mudah, tentu dengan mengolahnya menjadi berbagai hidangan kuliner. Tengok, resep sup daging sapi wortel lobak & jamur.

Selain itu, terkadang lobak juga dikombinasikan ke dalam jus. Anda bisa menambahkan lemon, semangka, dan atau melon.

Sumber:
[1]http://health.liputan6.com/read/672726/rambut-anda-mulai-menipis-coba-perbaiki-dengan-nutrisi-ini
[2] http://id.wikihow.com/Memakan-Biji-Rami
[3] http://www.perpustakaanindonesia.com/2014/12/10-manfaat-brussel-sprouts-kubis.html
loading...

Subscribe to receive free email updates: