Tips Menyisir Rambut Keriting Supaya Tidak Mudah Rontok


loading...

Jenis rambut keriting kerap dibenci oleh sebagian pemiliknya. Padahal, bila diperlakukan dengan tepat, jenis rambut keriting akan terlehat lebih indah dan sedap dipandang.

Menurut bintang.com [1] yang dikutip pada 9 Maret 2017, rambut keriting pada dasarnya berjenis rambut yang kering. Tak ayal bila rambut jenis tersebut lebih mudah kusut ketimbang jenis rambut lurus.

Karena lebih mudah kusut, pemilik rambut keriting juga harus lebih sering menyisir rambut untuk merapikannya. Yang jadi masalah, rambut keriting yang kusut lebih rawan rontok. Pasalnya, rambut kusut dipaksa untuk lurus mengikuti arah gerak sisir.

Selain masalah kerontokan rambut, efek lainnya adalah munculnya rasa sakit ketika menyisir. Kekuatan tarikan yang dihasilkan dari aktivitas menyisir memaksa rambut keriting untuk lurus mengikuti arah gerak sisir. Sementara, kekuatan tarikan itu terasa hingga akar rambut, dan rambut yang tidak kuat akan patah dan rontok.

Tak ayal bila perawatan rambut keriting mendapat klaim lebih sulit dilakukan, ketimbang jenis rambut lain. Pemilik rambut keriting dituntut lebih telaten merawat rambut mereka, supaya tetap terlihat rapi dan sehat.

Oleh sebab itu pula, pemilik rambut keriting lebih dituntut untuk memberikan nutrisi pada mahkota mereka itu. Tujuannya supaya rambut tidak terlalu kering dan tidak mudah kusut.


Menurut klinikkecantikan.co.id [2], menggunakan 2 macam sisir bisa mengurangi masalah kerontokan yang kerap menghantui para pemilik rambut keriting. "Untuk mengatasinya (rambut keriting/kusut), Anda tidak bisa menggunakan kekuatan. Sebaliknya, mengatisi rambut kusut harus menggunakan cara yang lembut dan terarah agar tidak merusak rambut."

Untuk menyisir rambut keriting, pemiliknya disarankan untuk menggunakan dua macam sisir. Yaitu, sisir begigi renggang dan bergigi rapat.


Pertama kali menyisir, Anda disarankan untuk menggunakan sisir bergigi renggang. Ketika terasa ada yang tersangkut, hentikan kekuatan tarikan sisir. Konsentrasikan arah sisir pada rambut yang kusut beberapa kali. Setelah berhasil terurai, ulangi gerakan sisir dari arah akar rambut keujung rambut.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih rapi, Anda baru boleh menggunakan sisir bergigi rapat. 

Menyisir rambut keriting, ditambahkan, akan lebih mudah bila sebelumnya Anda membagi rambut menjadi beberapa bagian. Dan, ketika tidur, disarankan untuk mengepangnya. Ini dimaksudkan supaya rambut tidak mudah kusut akibat posisi tidur.

Lakukan tips menyisir rambut keriting supaya tidak mudah rontok ini berbarengan dengan mengonsumsi nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga tingkat kelembapan rambut. Vitamin E, salah satunya.

Sumber:
[1] http://www.bintang.com/sex-health/read/2268188/pemilik-rambut-keriting-jangan-lakukan-7-hal-ini
[2] http://klinikkecantikan.co.id/perawatan/rambut/cara-mengatasi-rambut-kusut
loading...

Subscribe to receive free email updates: