Segudang Manfaat Air Putih Bila Diminum di Pagi Hari


loading...

Ada segudang manfaat yang bakal dirasakan kalau kita mau mengonsumsi air putih secara rutin. Utamanya di pagi hari ketika perut masih kosong.

Dikutip dari berbagai sumber, nyatanya air putih sangat berperan dalam mendetokfisikasi tubuh. Sehingga, memungkinkan keluarnya racun dari dalam tubuh. Baik melalui air kecil, keringat, maupun air besar.


"Air putih yang Anda minum bermanfaat untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Hal ini akan berlangsung lebih maksimal jika Anda minum air putih saat perut Anda masih kosong." Begitu menurut m.merdeka.com [1] yang dikutip pada 17 Maret 2017.

Asal tahu saja, racun yang mengendap di dalam tubuh dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit hingga berujung pada kematian. Seperti, hipertensi, kanker, dan masih banyak lagi.

Racun yang menumpuk di dalam tubuh itu bisa disebabkan oleh berbagai macam bahan yang kita konsumsi dan bahan lain baik disengaja maupun tidak yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini tentu saja sangat berkaitan dengan gaya hidup dan pola makan. Seperti, kebiasaan merokok, alkohol, obat-obatan, makanan dan minuman siap saji, hingga akibat terpapar polusi udara.

Berikut segudang manfaat meminum air putih bila rutin dikonsumsi di pagi hari ketika perut masih kosong:


1. Membuang racun melalui air besar dan air kecil

Umumnya, buang air besar merupakan aktivitas rutin setiap hari. Tapi, banyak juga yang kesulitan buang air besar di pagi hari. Nah, meminum air putih di pagi hari akan mendorong kotoran keluar. Begitu juga racun yang menumpuk di usus besar. Hal ini juga berlaku ketika Anda membuang air kecil.


2. Mempermudah membiasakan diri untuk sarapan

Anda tentu sudah tahu betapa pentingnya sarapan di pagi hari dengan aneka bahan makanan bergizi. Ini menjadi modal bagi tubuh untuk menjalani aktivitas hingga siang hari. Banyak mengonsumsi air putih ketika perut kosong dapat memicu rasa lapar. Dengan begitu, dorongan untuk sarapan akan lebih Anda rasakan.


3. Meredakan sakit kelapa akibat dehidrasi

Dehidrasi akibat kekurangan cairan tubuh setelah tidur sangat mungkin terjadi. Ketika bangun tidur di pagi hari, biasanya akan berakibat sakit kepala (pusing/pening), bila Anda ternyata mengalami dehidrasi. Nah, minum air putih di pagi hari akan meredakan sakit kepala tersebut.


4. Meningkatkan sistem metabolisme tubuh

Satu hal penting dari segudang manfaat minum air putih di pagi hari adalah meningkatkan sistem metabolisme tubuh yang ditandai dengan pertumbuhan sel darah yang lebih cepat. Sebabnya, mengonsumsi air putih ketika perut kosong di pagi hari dapat merangsang pertumbuhan sel-sel darah menjadi lebih cepat.


5. Menghilangkan timbunan lemak

Khasiat minum air putih di pagi hari ketika perut kosong ini juga memiliki korelasi positif dengan upaya menjaga tubuh tetap langsing (proporsional). Setelah melalui proses pencernaan dan menjadi air kecil yang harus dibuang, itu akan keluar bersama lemak yang tertimbun di dalam tubuh.


6. Membuat warna kulit cerah bersinar

Kulit gelap akan mejadi cerah bersinar dan yang putih akan tampak semakin bersinar, bila minum air putih secara rutin di pagi hari. Pasalnya, racun dan lemak juga dipicu untuk keluar bersama air kecil dan air besar. Dengan begitu, jerawat akibat timbunan lemak pun bakal jarang muncul di area wajah, dada maupun punggung.


7. Meningkatkan imunitas tubuh

Dengan pertumbuhan sel darah yang lebih cepat, tentu saja akan meningkatkan sistem kekebalan (imun) tubuh. Terlebih, racun dan lemak yang tertimbun di dalam tubuh juga sudah banyak berkurang.

Nah, itulah segudang manfaat yang bakal Anda rasakan bila mau membiasakan diri minum air putih di pagi hari ketika perut masih kosong yang dirangkum dari berbagai sumber.

Berbagai manfaat tersebut tentunya bakal Anda rasakan benar khasiatnya jika dilakukan secara rutin. Dan, air putih yang diminum terjamin kualitas kebersihannya. 

Lalu, seberapa banyak air putih yang perlu diminum saat perut masih kosong di pagi hari?


Disarankan, seperti yang dikutip dari m.vemale.com [2], untuk mengonsumsi air putih sebanyak 4 gelas saat bangun tidur. Adapun ukuran gelas yang digunakan adalah 160 cc. Itu artinya, ketika perut masih kosong di pagi hari, Anda disarankan untuk meminum air putih sebanyak 640 cc.

Namun, ditambahkan, Anda bisa melakukannya secara bertahap, bila kesulitan meminum 640 cc sekaligus. Misalnya, hari pertama dimulai dengan meminum 1 gelas terlebih dahulu. Kemudian, di hari kedua meminum air putih sebanyak 2 gelas sekaligus. Begitu seterusnya hingga Anda mampu meminum 4 gelas sekaligus di pagi hari, setelah bangun tidur. Mudah bukan? (Area Halal - Yudha Putra Kusuma)


Sumber:
[1] https://m.merdeka.com/sehat/minum-air-putih-saat-perut-kosong-menyimpan-10-manfaat-ini.html
[2] http://m.vemale.com/kesehatan/98380-minum-air-putih-saat-perut-kosong-di-pagi-hari-manfaatnya-wow.html
loading...

Subscribe to receive free email updates: