Penting, Tanamkan 3 Hal Ini Kepada Anak Sebelum Masuk Pintu Gerbang Sekolah


loading...
Orangtua mana yang tidak bahagia bila mempunyai anak berkepribadian baik dan mampu menunaikan semua tugas dan tanggung jawabnya? Mau, sudah pasti menjadi jawaban setiap bunda.

Mendidik anak memang bukan perkara mudah. Banyak faktor yang memengaruhi. Mulai dari diri kita sendiri sebagai orang tua, lingkungan tempat tinggal, lingkungan sekolah, teman-teman mereka, hingga acara favorit mereka di televisi.

Artinya, perhatian yang harus dicurahkan tak melulu di dalam rumah. Sebagai orangtua, Bunda harus memberikan contoh serta petuah baik kepada buah hati sebagai bekal mereka beraktivitas di luar rumah, termasuk di dalam lingkungan sekolah.


Berikut 3 hal penting yang harus Bunda tanamkan sebelum anak atau buah hati masuk pintu gerbang sekolah:


1. Cium tangan, salam dan sapa


Selalu ingatkan anak Bunda untuk mengucapkan salam kepada guru di sekolah dan menyapanya dengan santun, baik ketika masuk maupun akan meninggalkan sekolah. Setelah itu, latih anak untuk membiasakan mencium tangan guru. Meski sederhana, ini penting untuk memberikan pelatihan kepada Anda untuk selalu bersikap sopan-santun. Tak cuma itu, salam dan sapa juga dapat melatif ego anak untuk bersimpati dan berempati dengan sesamanya.

2. Selalu memperhatikan guru selama jam pelajaran


Ingatkan buah hati untuk selalu memperhatikan pembelajaran yang diberikan kepada guru di sekolah selama jam pelajaran. Selain untuk kepentingan menyerap kegiatan pembelajaran secara optimal, juga dapat melatih Anda untuk saling menghargai. Tak cuma itu, hal penting kedua ini juga dapat melatih daya konsentrasi anak.

3. Do the best


Setiap hari, sebelum buah hati masuk pintu gerbang sekolah, selalu ucapkan: do the best. Minta anak untuk melakukan yang terbaik berkait tugas dan tanggung jawab buah hati selama mengikuti proses pembelajaran di sekolah. Selain malatih anak untuk bersikap bertanggung jawab, hal penting ini juga menstimulus anak untuk tidak mudah putus asa.

Nah 3 hal penting itulah yang setidaknya harus Bunda tanamkan mulai sekarang. Bila sudah, berarti bunda sudah berada pada jalur yang benar. Dan, lanjutkan. Jika belum, kenapa tidak dimulai sejak sekarang.
loading...

Subscribe to receive free email updates: