Resep Rolade Tahu Ayam Isi Sosis Mudah Enak Banget


loading...
Rolade adalah bahan makanan yang dibuat dari tahu yang dimasak dengan cara dikukus. Setelah matang, makanan ini masih diolah lagi dengan cara digoreng. Hal ini untuk mendapatkan tekstur renyah pada kulit rolade. Terkadang, juga ditambah dengan adonan pencelup yang biasa dibuat dari tepung.

Nah, kali ini Area Halal akan mengulas salah satu varian rolade yang lebih spesial. Sebab, ada tambahan ayam cincang dan sosis ayam. Rasanya tak kalah lezat dengan pastel is sosis mayo yang sudah dibahas pada kesempatan lain.

resep rolade tahu ayam isi sosis mudah enak banget

Anda tentu sudah bisa membayangkan, bukan betapa enaknya rolade spesial yang satu ini. Yuk, langsung saja simak ulasan lengkap resep rolade tahu ayam isi sosis yang mudah dibuat dan rasanya dijamin enak banget ini!


Bahan:
1. 250 gram tahu putih, kukus, kemudian dihaluskan.
2. 1 potong paha ayam, ambil daging dan kulitnya saja, kemudian dicincang sampai lembut. Paha juga enak lho dimasak spicy chicken wings ala Pizza Hut.
3. 1 butir telur ayam.
4. 5 buah sosis ayam.
5. 1 utas daun bawang, iris tipis.
6. Minyak sayur untuk menggoreng.

Bumbu:
1. 2 siung bawang putih, dihaluskan.
2. Garam, gula pasir, dan lada putih bubuk secukupnya.
3. 1 sendok makan kaldu ayam instan.
4. 0,5 sendok teh pala bubuk.

Adonan pencelup (kocok lepas):
1. 2 butir telur ayam.
2. Garam dan lada putih bubuk secukupnya.


Tips:
1. Selain menggunakan telur sebagai adonan pencelup, Anda juga bisa menggunakan adonan tepung. Adonan tepung yang digunakan boleh seperti adonan tepung yang biasa digunakan untuk membuat tahu isi (susur).
2. Tidak menutup kemungkinan untuk menambahkan wortel yang dipotong dadu kecil-kecil.
3. Setelah dicelupkan ke dalam telur kocok, untuk mendapatkan sensasi renyah, Anda bisa melapisinya dengan tepung panir seperti yang digunakan untuk membuat pisang goreng pasir.
4. Anda juga bisa menambahkan sosis ayam saat membuat seblak ceker kuah santan yang rasanya lebih enak daripada yang biasa Anda beli berikut ini.


Cara membuat rolade tahu ayam isi sosis:
1. Masukkan tahu dan bumbu yang sudah disiapkan ke dalam wadah untuk membuat adonan rolade, aduk sampai tercampur rata.
2. Tambahkan, ayam cincang, daun bawang, dan telur, aduk sampai tercampur rata.
3. Masukkan ke dalam plastik es mambo dan jejalkan sosis tepat dibagian tengahnya, ratakan, dan ikat ujungnya.
4. Susun di dalam panci pengukus yang sebelumnya sudah dipanaskan, kukus sampai matang (lebih kurang selama 40 menit), angkan, dan biarkan sampai suhunya turun.
5. Setelah hangat atau dingin, potong dengan ukuran sesuai selera.
6. Panaskan minyak sayur untuk menggoreng.
7. Celupkan potongan rolade ke dalam telur kocok, angkat, masukkan ke dalam minyak sayur panas, goreng sampai berwarna kecoklatan, angkat, dan tiriskan.
8. Susun di wadah saji, rolade tahu ayam isi sosis sudah siap dihidangkan sebagai cemilan ataupun lauk petis kangkung Semarang atau sayur sop.

Tak cuma itu, rolade tahu ayam isi sosis ini juga enak disajikan sebagai lauk tumis buncis putren tahu pedas cabai iris. Adapun resep rolade tahu ayam isi sosis ini cukup untuk 8 porsi. Mudah banget bukan cara membuatnya? Selamat mencoba!
loading...

Subscribe to receive free email updates: