Aman & Nyaman, Ini Saran Pramugari Jika Bermasalah dengan Penumpang Lain


loading...
Belakangan ini pesawat terbang komersial telah berhasil menjadi alat transportasi favorit masyarakat di Indonesia. Bukan saja karena lebih cepat ketimbang alat transportasi lain, tarif pesawat terbang pun kini jauh lebih bersahabat.

Selain itu, penggunanya juga diberi berbagai alternatif pilihan untuk kelas penerbangan dari yang termahal sampai yang termurah. Mulai dari kelas eksekutif hingga kelas ekonomi. Yang membedakan tentu saja berkait dengan pelayanan dan fasilitas yang didapat penumpang.

Kelas ekonomi, misalnya. Soal tempat duduk, ruang yang disediakan di kelas ini tentu saja lebih minimalis ketimbang kelas bisnis dan eksekutif. Nah, di soal tempat duduk inilah yang kerap menimbulkan ketidaknyamanan penumpang.

bermasalah dengan penumpang lain saat di dalam pesawat
sumber: okezone.com

Ketidaknyaman yang kerap terjadi adalah jika penumpang di depan Anda menyandarkan kursi terlalu renah. Kondisi tersebut tentu saja mengurangi kenyamanan Anda yang duduk di belakangnya.

Jika lain kali Anda mengalami hal ini, begini cara terbaik untuk mengatasinya menurut saran Elaine Swann, seorang profesional yang menjalankan bisnis konsultasi gaya hidup dan etiket, yang juga pernah menjadi pramugari Continental Airlines selama 10 tahun.

1. Tegur sepelan mungkin


Jika mendapati penumpang yang duduk di depan Anda dan menyandarkan kursi terlalu rendah, sebaiknya tegurlah sepelan mungkin. Dan, jangan sampai menarik perhatian di dalam pesawat. Hal ini untuk menghidari kemungkinan munculnya sikap defensif jika merasa seperti diserang secara terbuka.

Salah satu caranya adalah dengan menepuk bahunya dengan lembut. Lalu, jelaskan dengan menggunakan kata-kata yang memberi tahu bahwa dia mungkin tidak sengaja terlalu rendah menyandarkan kursinya. Selanjutnya, mintalah dengan sopan agar dia mau menegakkan kursinya.

2. Pindah ke kursi lain atau tegur lagi

sumber:kompas.com

Jika teguran pertama tidak diindahkan, alternatif lain yang bisa Anda lakukan adalah pindah ke kursi lain. Tapi, jika tidak ada kursi kosong, tegurlah sekali lagi.

Kali ini gunakan kata-kata yang tegas, tapi tetap sopan. Dengan kata lain, teguran yang kita lontarkan sebisa mungkin tidak menimbulkan persepsi menyerang. Meski begitu, Anda juga wajib siap-siap akan mendapatkan respons yang kurang mengenakkan dari dia.

3. Libatkan pramugari

Jika cara kedua pun tak diindahkan olehnya. Sudah saatnya Anda untuk melibatkan pramugari. Menurut Elanie, pramugari akan dengan senang hati berurusan dengan tipe penumpang seperti itu.

Tak perlu membuat pengumuman besar. Anda cukup bilang kepada pramugari bahwa Anda sudah meminta penumpang tersebut dua kali untuk menegakkan tempat duduknya, tapi tetap saja tidak mau.

Nah, itulah saran dari Elaine jika Anda bermasalah dengan penumpang lain di pesawat. Semoga berguna!

Sumber: tiket2.com, beritagar.id
loading...

Subscribe to receive free email updates: