Resep Kue Putu Ayu Kukus Manis Gurih Enak Banget


loading...
Tidak cuma masakannya saja yang beragam, Indonesia juga punya beraneka kue tradisional yang menggoda selera. Bukan karena rasanya yang enak, tapi presentasinya juga cantik.

Salah satunya adalah putu ayu. Satu dari sekian banyak varian kue basah ini juga menebarkan aroma yang menggugah selera.

Ya, pada kesempatan ini Area Halal akan mengulas resep kue putu ayu. Rasa manis dan gurih kue ini sangat pas bila dijadikan sebagai hidangan menu penutup.

resep kue putu ayu kukus manis gurih enak banget

Cara membuat kue putu ayu ini sangat mudah. Tak perlu repot memanggang di dalam oven. Sebab, cara memasaknya hanya cukup menggunakan panci kukus.


Bahan kering untuk membuat kue putu ayu kukus yang manis gurih enak banget:
1. 250 gram tepung terigu protein sedang.
2. 200 gram gula pasir.
3. 0,25 sendok teh garam.
4. 0,5 sendok teh vanili bubuk.

Bahan basah untuk membuat kue putu ayu kukus yang manis gurih enak banget:
1. 2 butir telur ayam.
2. 250 mililiter santan kental yang dibuat dari 0,5 butir kelapa.
3. 1 sendok teh ovalet.

Pelengkap:
1. 200 gram kelapa parut, kukus sampai matang (lebih kurang selama 15 menit).
2. Perisa pandan secukupnya.


Tips:
1. Meski rasa manis pada kue putu ayu aslinya sangat menonjol, tapi tingkat manisnya dapat disesuaikan selera. Anda bisa mengurangi takaran gula pasir yang disarankan jika dirasa terlalu manis.
2. Selain santan segar, Anda bisa menggunakan 2 bungkus santan instan untuk resep ini. Tambahkan air hingga mendapat 250 mililiter.
3. Disarankan menggunakan kelapa parut yang berasal dari buah kelapa yang tidak terlalu tua untuk mendapatkan rasa manis dan gurih serta tekstur yang tidak terlalu keras.


Cara membuat kue putu ayu kukus yang manis gurih dan enak banget:
1. Masukkan telur, gula, ovalet, vanili dan garam ke dalam baskom, kocok dengan menggunakan mixer berkecepatan tinggi sampai tercampur rata dan mengembang.
2. Secara bergantian dan sedikit demi sedikit, tambahkan tepung terigu dan santan, kocok dengan mixer dengan kecepatan rendah sampai tercampur rata. Setelah rata, kocok dengan kecepatan tinggi sampai tercampur sempurna, dan matikan mixer.
3. Tuangkan perisa pandan, aduk sampai tercampur rata.
4. Masukkan kelapa parut ke dalam cetakan kue putu ayu, tekan-tekan.
5. Ambil adonan secukupnya, tuangkan ke dalam cetakan kue putu ayu yang tadi sudah diberi kelapa parut, ketuk-ketuk agar permukaannya rata.
6. Susun di dalam panci pengukus yang sebelumnya sudah dipanaskan, kukus sampai matang (lebih kurang selama 15 menit), angkat, dan angin-anginkan.
7. Setelah suhunya hangat, keluarkan dari cetakan.
8. Susun di wadah saji, kue putu ayu kukus yang manis gurih dan enak banget sudah siap dihidangkan bersama es dawet ayu atau es telur sagu mutiara.

Coba hidangkan kue putu ayu ini bersama pastel isi sosis mayo dan pisang goreng pasir, pasti makin menyenangkan. Adapun resep kue putu ayu kukus manis gurih enak banget ini cukup untuk 8 orang. Selamat mencoba!
loading...

Subscribe to receive free email updates: