Anti Gagal! Ini Resep dan Cara Membuat Keripik Tempe Enak dan Pasti Renyah Banget


loading...
Keripik tempe merupakan salah satu cemilan yang terbuat dari tempe yang dicelup ke dalam adonan tepung. Setelah digoreng nantinya tekturnya akan menjadi kering dan renyah banget.

Asal tahu saja, tidak semua orang bisa membuat keripin tempe lho. Sebab, ada beberapa unsur yang harus dipenuhi untuk menghasilkan keripik tempe dengan tekstur super renyah.

Tidak cuma enak dijadikan sebagai kudapan ringan, keripik tempe juga sering dijadikan sebagai lauk berbagai makanan tradisional, seperti, petis kangkung. Kerenyahan keripik tempe yang sensasional memberikan keasyikan tersendiri saat menikmatinya sebagai lauk.

cara membuat keripik tempe enak dan renyah

Meski Anda wajib tahu sebelum memulai membuat keripik tempe, tapi cara membuat keripik tempe itu tergolong mudah. Setelah semua tempe dan adonan tepung (pencelup) berbumbu siap, maka kita tinggal menggoreng. Yuk, langsung saja simak ulasan lengkap resep dan cara membuat keripik tempe yang enak dan renyah banget berikut ini sampai tuntas agar hasilnya memuaskan.


Bahan:
1. 250 gram tempe, iris tipis.
2. Minyak sayur untuk menggoreng.

Bahan dan bumbu untuk membuat adonan pencelup dari keripik tempe:
1. 50 gram tepung beras.
2. 300 gram tepung tapioka.
3. 300 mililiter air mineral.
4. 4 siung bawang putih, dihaluskan.
5. 1 sendok teh ketumbar, dihaluskan.
6. Garam dan penyedap rasa secukupnya.


Tips:
1. Pastikan tempe yang Anda gunakan sudah matang, agar lebih mudah diiris menjadi tipis-tipis.
2. Pastikan minyak sayur sudah panas sebelum dipakai untuk menggoreng.
3. Disarankan untuk menggunakan api kecil ketika menggoreng.


Cara membuat keripik tempe yang enak dan renyah banget:
1. Larutkan bumbu yang dihaluskan, garam, dan penyedap rasa dengan air.
2. Sambil diaduk dan sedikit demi sedikit, tambahkan tepung tapioka dan tepung beras secara bergantian, aduk sampai licin.
3. Panaskan minyak sayur untuk menggoreng.
4. Celupkan irisan tempe ke dalam adonan pencelup, angkat, dan masukkan ke dalam minyak sayur panas, goreng sambil dibolak-balik sampai matang, kering, dan kecokelatan, angkat, tiriskan.
5. Setelah suhunya dingin, segera kemas atau masukkan ke dalam toples agar awet renyahnya.

Keripik tempe seperti ini juga enak dijadikan cemilan bersama pastel isi sosis mayo untuk di rumah, kantor, maupun saat berpergian untuk liburan. Agar lebih menyenangkan, sajikan juga es Milo spesial banget atau es podeng aneka buah sederhana. Adapun resep dan cara membuat keripik tempe enak renyah banget ini cukup untuk 8 orang.
loading...

Subscribe to receive free email updates: