3 Cara Mudah Mempercepat Penyembuah Luka Lebam atau Memar


loading...
Luka lebam atau memar akibat benturan muncul karena adanya cairan atau darah yang terperangkap pada jaringan tubuh kerap menjadi masalah tersendiri. Bukan saja karena rasa renyinya, tapi kondisi tersebut tentu membuat kita menjadi percaya diri. Terlebih jika luka tersebut berada di bagian terlihat, seperti wajah, tangan, dan kaki, tentunya akan membuat kita menjadi malu.

Jika tak segera diobati dengan pengobatan yang tepat, luka lebam atau memar akan sulit atau lama hilang. Cara yang biasa dilakukan untuk meredakan nyeri pada luka lebam adalah mengompres dengan air hangat atau dingin. Konon cara ini dapat meredakan rasa nyeri karena luka lebam. Tapi, cara tersebut tak mampu menyembuhkan luka memar dengan lebih cepat.

cara mempercepat penyembuah luka lebam atau memar

Dilansir oleh vemale.com, sebenarnya ada 3 cara mudah mempercepat pengobatan luka lebam atau memar. Cara ini meliputi pengobatan luar dan dalam. Simak ulasannya berikut ini!

1. Mengonsumsi pepaya atau nanas

banyak mengonsumsi buah pepaya dan nanas untuk mempercepat penyembuhan luka lebam atau memar

Untuk menghilangkan rasa nyeri kita biasa mengonsumsi obat-obatan kimia. Sedangkan untuk mempercepat menghilangkan luka lebam, kita disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi buah pepaya atau nanas.

Pasalnya, kedua buah tersebut memiliki kandungan bromelain yang bisa membantu menghancurkan protein penyebab darah dan atau cairan yang terperangkap dalam jaringan tubuh.

Anda bisa mengonsumsi pepaya atau nanas dengan dua cara. Yakni, dimakan secara langsung atau diolah menjadi minuman. Seperti, mengolahnya menjadi jus pepaya susu menyehatkan atau membuat nanas goreng tepung renyah rasa unik pasti enak.

2. Vitamin C

tablet vitamin c untuk mempercepat penyembuhan luka lebam

Bukan cuma dikonsumsi, untuk mempercepat penyembuhan luka lebam, kita disarankan untuk mengaplikasikan tablet vitamin C langsung pada luka. Caranya, gerus atau tumbuk tablet vitamin C dan campur dengan menggunakan air mineral. Aduk hingga tekstur menjadi seperti pasta.

Setelah mendapat pasta vitamin C, langsung saja pada luka lebam yang kita derita. Tunggu hingga pasta vitamin C menjadi kering. Kemudian bilas dengan air mengalir sampai bersih.

Tapi, Anda harus hati-hati ketika mengaplikasikan dan membersihkannya. Aplikasikan secara lembut agar tidak sakit.

Meski fungsi air mineral di sini hanya sebagai bahan pelarut, tapi jika diminum secara rutin di pagi hari dengan jumlah tertentu, air mineral memiliki segudang khasiat untuk kesehatan.

3. Pijatan

cara memijat luka lebam agar cepat sembuh

Setelah kedua cara di atas dilakukan, cara terakhir untuk mempercepat penyembuhan luka lebam atau memar adalah dengan pijatan. Pijat bagian terluar dari luka.

Pijat secara lembut, dan jangan pernah melakukan pijatan pada pusat luka. Hal itu justru akan menimbulkan rasa nyeri yang sangat.

Pijatan ini dimaksudkan untuk melancarkan peredaran darah. Sehingga darah atau cairan yang terperangkap pada jaringan tubuh akan mengalir lancar kembali.

Nah, itulah 3 cara mudah yang dapat kita lakukan untuk mempercepat penyembuhan luka lebam atau memar. Semoga berguna!
loading...

Subscribe to receive free email updates: