Tips Aman dari Percikan Minyak Saat Menggoreng Ikan dan Ayam


loading...
Bagi sebagian orang, menggoreng ikan dan ayam terasa sangat menjengkelkan. Bagaimana tidak, risiko luka akibat terkena percikan minyak panas selalu menghantui.

Lantaran sifat minyak dan air yang Tak bisa menyatu, kandungan air pada ikan dan ayam akan menguap jika tercampur dengan minyak panas. Akibatnya muncul percikan saat menggoreng dua bahan makanan tersebut.

Tapi, tahukah Anda jika risiko tersebut dapat diminimalisir dengan beberapa tips. Nah, pada kesempatan ini Area Halal akan mengulas beberapa tips atau langkah saat menggoreng ikan atau ayam agar aman dari percikan minyak panas.


1. Kontrol besar/kecilnya api

Ketika menggoreng bahan makanan mengandung cukup banyak air, kita wajib mengontrol besar/kecilnya nyala api kompor. Setelah minyak cukup panas untuk menggoreng, kecilkan nyala api kompor.

Tips ini dapat meminimalisir terjadinya percikan minyak panas. Sebab, semakin panas minyak yang kita gunakan untuk menggoreng, maka akan semakin tinggi tingkat penguapan air pada bahan yang kita goreng. Dengan mengecilkan nyala api kompor, maka penguapan yang terjadi akan semakin berkurang, dan percikan minyak panas pun akan berkurang.

2. Gunakan tepung maizena/kanji

Langkah kedua agar aman dari percikan minyak panas ketika menggoreng ikan atau ayam adalah dengan menggunakan tepung maizena/kanji. Bagaimana caranya?

Mudah saja, kita tinggal menambahkan sedikit tepung maizena/tepung kanji ke dalam minyak panas sebelu menggoreng ikan atau ayam. Sebab, sifat alami yang terkandung dalam 2 jenis tersebut terbukti mampu meredam terjadinya percikan minyak panas saat menggoreng ikan atau ayam.

3. Jaga jarak

Tips atau langkah yang ketika agar aman sadi risiko terkena percikan minyak panas adalah jaga jarak. Saat menggoreng ikan atau ayam, sebaiknya jarak kita dengan kompor tidak terlali dekat. Dan, gunakan spatula yang cukup panjang.

Selain itu, kita juga bisa menggunakan beberapa peralatan dapur. Misalnya, tutup panci. Tutup wajan yang kita gunakan untuk menggoreng dengan tutup panci.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kita gunakan agar aman dari risiko terkena percikan minyak panas saat menggoreng ikan atau ayam. Semoga berguna!
loading...

Subscribe to receive free email updates: