Resep Pisang Goreng Pasir Renyahnya Nongol Banget!


loading...
Jangan salah paham dengan judul dari resep cemilan yang satu ini. Disebut resep pisang goreng pasir, itu bukan pisang yang digoreng dengan pasir.

Salah satu varian pisang goreng ini tetap digoreng dengan menggunakan minyak sayur panas. Tapi sebelum digoreng, potongan buah pisang dibalur dulu dengan adonan tepung.

Yang unik, karena setelah digoreng kulit dari pisang goreng ini berberindil mirip dengan pasir, maka kuliner ini dinamai pisang goreng pasir. Dan, teksturnya sangat renyah. Sekarang sudah paham, bukan?

pisang goreng pasir renyahnya nongol banget

Meski bahan yang digunakan berbeda, namun kerenyahan pisang goreng pasir ini tak kalah dengan pastel isi sosis mayo. Oleh sebab itu, Anda wajib mencoba dua kiliner tersebut.

Untuk membuat pisang goreng pasir yang tekstur renyahnya nongol banget, ada beberapa jenis tepung yang harus digunakan. Dan, juga menggunakan fiber creme, sejenis krim yang diolah sedemikian rupa sehingga lebih sehat untuk dikonsumsi.

Daripada berlama-lama, langsung saja simak ulasan resep lengkapnya berikut ini. Simak baik-baik agar hasil akhirnya nanti memuaskan!


Bahan kering:
1. 12 buah pisang kepok, masing-masing dibelah menjadi 2 bagian.
2. 7 sendok makan tepung terigu.
3. 1 sendok makan tepung beras.
4. 0,5 sendok makan tepung tapioka.
5. 2 sendok makan gula pasir.
6. 0,25 sendok teh kayumanis bubuk.
7. Tepung panir kasar secukupnya.

Bahan basah:
1. 0,5 sendok fiber creme.
2. 140 cc air dingin.
3. Minyak sayur untuk menggoreng.


Tips:
1. Pastikan jumlah minyak sayur yang digunakan cukup banyak agar saat digunakan untuk menggoreng dapat merendam seluruh bahan.
2. Sebelum dipakai untuk menggoreng, pastikan minyak sayur sudah panas.


Cara membuat pisang goreng pasir:
1. Masukkan semua jenis tepung, garam, gula pasir, fiber creme, dan kayu manis bubuk ke dalam wadah, aduk sampai tercampur rata.
2. Sedikit demi sedikit tuangkan air putih, aduk sampai licin.
3. Celupkan pisang ke dalam adonan tepung, angkat.
4. Guling-gulingkan ke dalam tepung panir kasar, angkat.
5. Simpan di dalam kulkas lebih kurang selama 30 menit.
6. Setelah siap, panaskan minyak sayur untuk menggoreng.
7. Masukkan adonan berbalur tepung roti ke dalam minyak sayur panas, goreng dengan api kecil, bolak-balik sampai matang dan berwarna cokelat keemasan, angkat, dan tiriskan.
8. Susun di wadah saji, pisang goreng pasir yang renyahnya nongol banget sudah siap dihidangkan bersama jus buah delima atau jus tomat berkhasiat.

Adapun resep singkong keju mozarella goreng enaknya kebangetan ini cukup untuk 4 orang atau lebih. Semoga berguna!
loading...

Subscribe to receive free email updates: