Akhirnya Terkuak Juga! Begini Cara Membuat Keripik Tempe Super Renyah


loading...
Anda pasti sudah tak asing lagi dengan cemilan bernama keripik tempe. Ya, makanan ringan yang biasa juga dijadikan sebagai lauk makan pecel sayur maupun soto ayam ini terbuat dari tepung yang diiris tipis dan adonan tepung berbumbu.

Selain rasanya yang asin dan gurih, keunikan keripik tempe ada pada teksturnya. Jika dimakan, keripik tempe akan memberikan sensasi super renyah.

Sebab, usur kerenyahan itulah yang menjadi syarat utama, sebuah makanan disebut keripik. Hal ini juga berlaku untuk semua jenis keripik, seperti keripik kentang maupun keripik bayam. Intinya, tidak disebut keripik jika teksturnya tidak super renyah.

Dari sekian banyak jenis keripik, keripik tempelah yang banyak dicari. Banyak orang yang berusaha membuat keripik tempe, tapi selalu gagal. Hanya sedikit saja dari mereka yang berusaha yang berhasil.

cara membuat keripik empe super renyah

Setelah sekian lama mencari, akhirnya Area Halal berhasil juga menguak bagaimana cara membuat keripik tempe sehingga rasanya enak dan teksturnya super renyah. Dan, ternyata cara membuat keripik tempe itu sangat mudah.

Tapi, Anda wajib menggunakan peralatan, teknik, dan komposisi bahan dan bumbu yang tepat untuk menghasilkan keripik tempe dengan rasanya yang enak dan tekstur yang super renyah. Dari pada berlama-lama langsung saja simak ulasannya berikut ini!

1. Alat masak

Untuk membuat keripik tempe, Anda wajib menyediakan semua peralatan yang dibutuhkan. Di antaranya, wajan besar untuk menggoreng, spatula untuk menggoreng dan membuat adonan, dan talenan.


Selain itu, alat penting lain yang wajib ada adalah pisau dapur. Anda wajib memastikan bahwa pisau dapur yang Anda gunakan cukup tajam. Sebab, pisau ini akan digunakan untuk mengirisi tempe setipis mungkin.

2. Komposisi Bahan dan Bumbu

Unsur selanjutnya yang harus dipenuhi untuk membuat dan menghasilkan keripik tempe super renyah dengan rasa yang asin dan gurih yang pas adalah ketepatan komposisi bahan dan bumbu. Adapun bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat keripik tempe adalah tempe, tepung tapioka, tepung beras, telur, dan air.

Dari sekian banyak bahan yang digunakan, ketepatan antara komposisi tepung tapioka dan tepung beras haruslah tepat. Sebab, dua jenis tepung itu yang sangat memengaruhi kerenyahan dari keripik tempe yang akan kita buat nanti.

Dan, komposisinya adalah 1 banding 6 (1:6). Maksudnya, jika Anda menggunakan 100 gram tepung beras, maka tepung tapioka yang dibutuhkan adalah 600 gram. Jika Anda ingin membuat lebih banyak atau lebih sedikit, Anda tinggal menyesuaikan dengan perbandingan komposisinya.

Masih berkait bahan, tempe yang digunakan juga harus tempe yang sudah masak. Maksudnya, tempe sudah melalui proses fermentasi yang cukup. Cirinya, tekstur tempe rata, padat, dan permukaan tempe berwarna putih (hasil fermentasi dari peragian). Syarat tempe seperti ini juga dibutuhkan ketika Anda hendak membuat tempe bacem khas Jogja maupun tempe mendoan iris daun bawang dan wortel.


Nah, agar teskturnya super renyah, Anda harus membuat irisan tempe setipis mungkin. Minilam ketebalannya 2 milimeter. Oleh sebab itulah, Anda wajib menggunakan pisau yang cukup tajam. Irisan tipis seperti ini juga bisa diaplikasikan ketika Anda ingin membuat tempe goreng kriuk.

Adapun bumbu yang dibutuhkan untuk membuat keripik tempe adalah, ketumbar bubuk, garam, dan penyedap rasa. Sedangkan untuk komposisi bumbu, untuk membuat keripik tempe dengan jumlah tepung beras sebanyak 1 kilogram, Anda wajib menggunakan 30 gram ketumbar bubuk. Sementara untuk jumlah garam dan penyedap rasa dapat disesuaikan selera. Simak resep keripik tempe super renyah berikut ini.

3. Teknik

Memotong tempe menjadi ukuran besar atau kecil, memang bukan perkara susah. Tapi, bagaimana kalau dituntut untuk membuat irisan tempe yang tebalnya tidak lebih dari 2 milimeter, tentu tidak semua orang bisa.

Tapi, jangan khawatir di sini, Area Halal akan membagikan juga teknik mengiris tempe tipis-tipis. Caranya, setelah memastikan pisau yang Anda gunakan cukup tajam, iris tempe dengan gerakan horizontal sambil menekan permukaan atas tempe.


Selanjutnya adalah teknik menggoreng. Untuk menghasilkan keripik tempe yang super renyah, Anda wajib menggunakan minyak sayur yang cukup banyak. Pastikan minyak sudah dalam kondisi cukup panas sebelum digunakan untuk menggoreng. Dan, goreng tempe yang sudah dicelupkan ke dalam adonan tepung dengan dibolak-balik dan gunakan api kecil-sedang agar matang merata.

Nah, dengan dengan memenuhi tiga unsur tersebut, dijamin keripik tempe buatan Anda akan menjadi super renyah dan enak. Ini resep dan cara membuat keripik tempe enak dan pasti renyah banget. Semoga berguna!
loading...

Subscribe to receive free email updates: