Ingin Berhasil Membuat Tempe Goreng Kriuk (Renyah)? 3 Tips Ini Wajib Dilakukan!


loading...
Tempe adalah salah satu bahan makanan mentah yang dibuat dari kacang kedelai yang difermentasi dengan ragi. Cara membuatnya sangat mudah.

Kedelai yang sudah direndam dan dikupas kulitnya kemudian dicampur dengan ragi. Sampai di sini, kacang kedelai kemudian dikemas dalam plastik maupun daun jati atau daun pisang. Kacang kedelai dan ragi mengalami proses fermentasi selama selaman akan memadat dan jadilah tempe.

Ada begitu banyak aneka makanan maupun cemilan turunan dari tempe. Salah satunya adalah tempe goreng kriuk (renyah).


Meski cara membuat maupun bahan yang digunakan tergolong sangat sederhana, namun pecinta kuliner ini sangat banyak.

Ada sensasi tersendiri saat menyantap tempe goreng kriuk (renyah). Tentu saja karena rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah, yang membuat kuliner ini begitu istimewa.

Namun sayang, tak semua orang bisa membuat tempe goreng kriuk (renyah). Nah, pada kesempatan ini Area Halal akan berbagi kepada Anda tentang tips membuat tempe goreng agar teksturnya renyah dan ketika dikunyah terdengar suara 'kriuk'.

Apa saja tipsnya? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Tempe wajib diiris tipis

Untuk menghasilkan tempe goreng yang renyah, Anda wajib mengiris tempe tipis-tipis. Idealnya, ketebalan irisan tempe disarankan kurang dari 0,5 sentimeter. Dengan ukuran itu, tempe lebih cepat renyah saat digoreng.

2. Adonan tepung harus tepat

Jangan cuma menggunakan tepung terigu saat membuat adonan tepung untuk melumuri tempe. Kombinasikan dengan penggunaan tepung beras, tepung tapioka. Selain itu, selalu gunakan air es untuk melarutkan adonan tepung dan tambahkan sedikit baking powder agar teksturnya lebih renyah. Simak; resep tempe goreng tepung crispy.

3. Minyak sayur harus panas

minyak sayur panas

Saat menggoreng, minyak sayur harus sudah dalam kondisi panas sempurna. Anda juga wajib mengontrol besar kecilnya api agar matang merata. Tips ini juga wajib Anda gunakan saat membuat aneka cemilan yang dimasak dengan cara digoreng, seperti, resep perkedel tempe dan udang gurih dengan kelapa parut cocok buat lauk maupun camilan atau resep cireng empuk renyah sehat dan halal.

Nah, itulah 3 tips yang wajib Anda lakukan saat membuat tempe goreng agar teksturnya renyah (kriuk). Semoga bermanfaat!
loading...

Subscribe to receive free email updates: