Resep Es Dawet Ayu Tepung Beras Lebih Enak dari yang Biasa Kamu Beli


loading...
Kalau ke Banjarnegara atau sekitarnya, Anda pasti akan banyak menemukan pedagang es dawet Ayu. Cara mereka menjajakan dagangannya juga bermacam-macam, ada yang mendirikan tenda di pinggir jalan dan ada pula yang didorong menggunakan gerobok yang dimodifikasi secara khas sedemikian rupa.

Ternyata membuat es dawet Ayu itu mudah lho. Anda juga bisa membuat sendiri di rumah. Termasuk cara membuat dawet berasnya, Anda juga bisa bikin sendiri di rumah.

Jika Anda mengaplikasikan resepnya dengan benar, dijamin rasanya tak kalah enak dari yang es dawet ayu asli Banjarnegara atau yang biasa kamu beli. Mau tahu cara membuatnya? Yuk, simak ulasan lengkap resep es dawet ayu tepung beras berikut ini hingga tuntas!


Bahan untuk membuat dawet tepung beras:
1. 250 gram tepung beras.
Mau tahu aneka resep makanan enak berbahan tepung beras? Ini dia di antaranya, resep cara  membuat biji salak dari tepung beras ketan atau resep bubur sumsum pisang enak.
2. 250 gram tepung tapioka.
3. 100 mililiter air sari daun pandan.
4. 600 mililiter air putih.
5. Es batu serut secukupnya.

Bahan untuk membuat kuah santan untuk es dawet Ayu:
1. 1 liter santan kental yang dibuat dari 1 butir kelapa.
2. 3 lembar daun pandan.
3. 0,5 sendok teh garam.

Bahan untuk membuat saus gula merah untuk es dawet Ayu:
1. 500 gram gula merah, disisir.
2. 50 gram gula pasir.
3. 250 gram air putih.
4. 0,125 sendok teh garam.


Tips:
1. Jika kesulitan mendapatkan santan segar, Anda juga bisa menggunakan santan instan. Caranya, campur 2 bungkus santan instan dengan air putih hingga mendapatkan 1 liter santan. Rebus bersama daun pandan dan garam sampai mendidih.
2. Tidak menutup kemungkinan untuk menambahkan potongan daging buah alpukat, nangka, tape beras, atau durian pada es dawet Ayu Banjarnegar ini.


Cara membuat es dawet Ayu tepung beras lebih enak dari yang biasa kamu beli:
1. Masukkan tepung beras dan tepung tapioka ke dalam wadah untuk membuat adonan dawet tepung beras, aduk sampai tercampur rata.
2. Tuangkan air putih dan larutan air pandan, aduk sampai tercampur rata.
3. Rebus sambil diaduk sampai mengental, angkat.
4. Siapkan wadah berisi air hangat.
5. Tuangkan adonan dawet tepung beras ke dalam cetakan dawet, tampung dawet di wadah berisi air hangat, tiriskan, sisihkan.
7. Rebus santan, daun pandan, dan garam sambil diaduk perlahan dengan api kecil sampai mendidih, angkat, dinginkan.
8. Masukkan air putih, gula merah, gula pasir, dan garam ke dalam panci untuk membuat saus gula merah, rebus sambil diaduk sampai meletup-letup, angkat, dinginkan.
9. Susun dawet tepung beras yang sudah jadi di wadah saji, tuangkan santan dan saus gula merah.
10. Tambahkan es batu serut, es dawet Ayu tepung beras sudah siap dinikmati bersama aneka camilan seperti bakwan jagung manis dan udang serta ubi keju goreng siram pasta coklat.

Adapun resep es dawet Ayu tepung beras ini cukup untuk 8 porsi.
loading...

Subscribe to receive free email updates: