Resep (Cara Membuat) Cendol


loading...
Es cendol adalah minuman dingin yang berisi santan, cendol dan kinca (saus gula merah). Sedangkan cendol sendiri adalah sebauh masakan tradisional yang terbuat dari tepung beras atau tepung singkong.

Untuk membaut es cendol, tentu saja harus menguasasi cara membuat cendol. Es cendol sudah sangat populer di lingkup masyarakat Jakarta atau Jawa Barat. Di Jawa Tengah dan di Jawa Timur, es ini lebih familier disebut es dawet.

Ingin coba membuat sendiri di rumah? Silakan simak resep (cara membuat) cendol berikut ini hingga tutas supaya hasilnya tidak mengecewakan.


Cara membuat cendol cukup mudah. Yang perlu diperhatikan, takaran bahan yang digunakan harus tepat.


Bahan yang harus disiapkan untuk mengolah resep (cara membaut) cendol:
1. 105 gram tepung beras.
2. 31 gram tepung sagu.
3. 710 mililiter air putih matang.
4. 45 mililiter air suji yang dibuat dari 2 lembar daun pandan dan 30 lembar daun suji yang diambil sarinya dengan cara diperas dengan menambahkan air.
5. Garam secukupnya.


Tips mengolah resep (cara membuat) cendol:
1. Alat yang digunakan untuk menyaring adonan cendol disarankan memiliki lubang yang agak lebar.
2. Bentuk cendol yang ingin dibuat boleh disesuaikan selera.


Cara membuat cendol:
1. Masukkan semua bahan ke dalam wadah, masak sambil aduk sampai tercampur rata dan membentuk adonan yang kental dan mendidih.
2. Ambil saringan yang biasa digunakan untuk memeras santan atau alat yang sejenis lainnya.
3. Siapkan baskom berisi air es.
4. Tuang sedikit demi sedikit adonan ke alat untuk memeras santan yang dibawahnya sudah diletakkan baskom berisis air es.
5. Tekan sampai adonan menetes ke baskom yang telah diisi air es, biarkan mengeras.
6. Saring, cendol sudah siap digunakan untuk membuat es cendol atau es dawet. Referensinya bisa Anda lihat pada resep es cendol paling segar dan istimewa serta resep es dawet Ayu tepung beras lebih enak dari yang biasa kamu beli.

Resep (cara membuat) cendol ini setara buat 8 poris. Pertimbangkan juga untuk mencoba kesegaran dari resep agar-agar (puding) santan pandan serta resep nugget wortel plus keju spesial sehatnya. Kesegaran kedua resep minuman tersebut juga menggiurkan untuk dinikmati pada siang hari.

Adapun resep cendol ini cukup untuk 8 porsi
loading...

Subscribe to receive free email updates: