6 Khasiat Buah Semangka Buat Kecantikan Part 1


loading...
Oleh: Yudha Putra Kusuma

Khasiat pertama yang dapat diambil dari buah semangka untuk kecantikan adalah untuk melembabkan kulit. Nah, pada bagian (part) 1 ini akan dibahas cukup detail terkait manfaat buah semangka untuk melembabkan kulit.

Buah semangka adalah tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun, seperti di benua Afrika. Tapi, masyarakat Indonesia banyak juga yang membudidayakannya. Pasalnya, Indonesia juga banyak memiliki wilayah serupa gurun yang cukup luas. Adapun wilayah Jawa Tengah yang sebagian petaninya membudidayakan buah yang dikategorikan ke dalam kelas ketimun-ketimunan ini, antara lain, Demak, Pati, Rembang dan Blora.

Selama bertumbuh kembang, tanaman buah ini banyak menyimpan air. Konsekuensinya, petani juga harus banyak menggunakan air selama proses budidaya. Tak ayal jika setelah masak atau cukup matang untuk dipetik atau dipanen, buah semangka banyak mengandung air.

Sifat alami dari buah semangka yang banyak mengandung air itulah yang dapat dimanfaatkan untuk urusan kecantikan, khususnya keindahan kulit. 

Kandungan air yang terdapat pada semangka terbukti dapat memberikan efek rasa sejuk pada kulit. Melalui proses alami, efek tersebut dapat berkhasiat untuk menjaga kelembaban kulit. Bila tertarik menggunakan buah ini sebagai pelembab, simak penjelasannya selengkapnya berikut ini.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan menyiapkan buah semangka. Buang kulitnya dan bersihkan bijinya. Potong-potong daging buah semangkan dengan sesuai selera. Hal ini bertuan untuk memudahkan proses penghalusan. Setelah itu, masukkan ke dalam blender, guling sampai menjadi jus yang teksturnya lembut. Tambahkan madu secukupnya. Sehabis itu, Anda bisa langsung mengaplikasikannya pada kulit di seluruh bagian tubuh. Diamkan sampai meresap. Proses peresapan membutuhkan waktu lebih kurang 30 menit. Lalu, bilas dengan air bersih.

Lakukan kegiatan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Nah, sekarang Anda sudah bisa menjaga kecantikan sekaligus kesehatan kulit tanpa harus menggunakan produk kecantikan yang notabene mengandung zat kimia buatan yang belum tentu cocok atau aman dikonsumsi oleh kulit Anda. Selanjutnya adalah mengetahi 6 khasiat buah semangka buat kecantikan part 2.

Referensi: dari berbagai sumber
loading...

Subscribe to receive free email updates: