Tips Masak Ayam Supaya Sehat Untuk Dikonsumsi Part 2


loading...
Pada kesempatan ini Area Halal akan membahas tentang trik masak ayam supaya sehat untuk dikonsumsi part 2. Pada bagian kedua akan dibahas secara khusus berkait dengan daging ayam yang dimasak dengan cara direbus dan diberi bahan tambahan seperti santan. Salah satunya adalah ayam bumbu opor.

Perlu diketahui, ayam bumbu opor adalah sebuah masakan berbahan ayam yang dimasak dengan berbagai bumbu rempah dan santan, kemudian direbus hingga tekstur daging unggas itu menjadi empuk.

Seperti yang telah dijelaskan pada tips masak ayam supaya sehat untuk dikonsumsi pada bagian sebelumnya, daging ayam memiliki kandungan lemak yang cukup banyak yang terdapat di bagian-bagian tertentu. Menerapkan tips memasak ayam seperti yang telah dijelaskan sebelumya ketika membuat ayam bumbu opor belumlah cukup aman atau sehat untuk dikonsumsi. Sebab, masakan tersebut memakai santan yang memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi pula. Artinya risiko mengonsumsi daging dari salah satu jenis unggas ini buat kesehatan jika dimasak bumbu opor juga lebih tinggi. Maka dari itu perlu tips khusus supaya menjadi relatif aman untuk dikonsumsi.


Setelah ayam diperlakukan seperti yang telah dijelaskan pada tips sebelumnya, saat memasak yang harus diperhatikan adalah ketika proses melunakkan daging ayam, sebelum diberi santan.

Seperti memasak opor ayam pada umumnya, setelah merebus ayam dengan berbagai bumbu yang dipakai hingga empuk dan bumbu meresap, matikan terlebih dahulu api kompornya. Diamkan hingga bumbu dan air yang dipakai untuk melunakkan tekstur daging ayam mengendap. Nah, secara otomatis minyak yang berasal dari sisa lemak dan yang berasal dari kulit ayam akan terlihat di bagian atas. Minyak itulah yang harus dibuang supaya masakan itu lebih sehat untuk dikonsumsi.

Caranya sangat mudah, ambil minyak itu dengan menggunakan sendok makan atau sendok sayur. Menghilangkan minyak yang berasal dari lemak dan kulit ayam pada masakan tersebut tidak akan mengurangi cita rasa. Yang penting, bumbu yang dipakai sudah komplit dan takarannya pas.

Dengan menerapkan tips bagian kedua ini, paling tidak hidangan ayam bumbu opor yang disajikan lebih aman untuk dimakan. Pasalnya, mengonsumsi lemak ayam secara berlebihan akan meningkatkan risiko terjadinya gangguan pada darah dan jantung.
loading...

Subscribe to receive free email updates: