Resep Pisang Epe Saus Durian


loading...
Buah pisang memang kaya manfaat. Selain rasanya yang khas dan cukup mengenyangkan sebagai pengganjal perut, pisang juga punya manfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Tak ayal bila buah ini selalu direkomendasikan untuk dikonsumsi sesering mungkin.

Di Kota Makassar, ada sebuah resep makanan halal dan menyehatkan yang dibuat dari buah ini. Namanya adalah pisang epe. Ditambah dengan saus durian, hidangan yang cocok dijadikan sebagai menu penutup ini akan semakin kaya rasa dan menggoda selera.

Cara membuat pisang epe sangat mudah. Daftar bahan yang ada pada resep hidangan ini juga mudah didapat. Bila kesulitan mendapatkan buah durian untuk bahan saus, kalian boleh menggantinya dengan buah nangka. Rasa serta tekstur yang khas dari buah nangka juga cocok dikombinasikan dengan pisang epe.


Ingin tahu resep pisang epe dan saus durian? Silakan simak penjelasannya berikut ini untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.


Bahan untuk membuat atau mengolah resep pisang epe saus durian:
1. 4 buah pisang, kupas kulitnya.
2. 250 gram gula merah.
3. Air putih secukupnya.
4. 0,25 sendok teh garam.
5. 2 lembar daun pandan.
6. 5 mata buah durian, ambil daging buahnya.


Tips membuat atau mengolah resep pisang epe saus durian:
1. Diwajibkan untuk memakai buah pisang jenis pisang gepok karena rasanya lebih manis dari pisang yang lain bila dimasak. Pilih yang belum terlalu matang untuk mendapatkan tekstur yang kenyal.
2. Saat memanggang pisang, kalian juga bisa mengoles wajan datar atau alat pemanggang dengan margarin atau mentega untuk memberikan sedikit rasa gurih dan asin pada pisang epe.


Cara membuat pisang epe saus durian:
1. Panaskan alat untuk memanggang pisang.
2. Pipihkan pisang dengan menggunakan sendok atau alat dapur yang lain.
3. Panggang pisang hingga sebagian permukaannya berubah warna, angkat, letakkan pada wadah saji.
4. Tuangkan air putih ke dalam panci atau wajan datar.
5. Tambahkan daun pandan.
6. Masukkan gula merah, durian dan garam, masak sambil diaduk hingga mengental, matikan api kompornya.
7. Tuang di atas pisang yang tadi telah dipanggang.
8. Pisang epe saus durian khas Makassar siap dihidangkan. Pertimbangkan juga untuk mencoba resep tahu bakso sehat dan halal atau resep kroket original sehat dan halal.

Adapun resep pisang epe saus durian ini setara buat 2 porsi.
loading...

Subscribe to receive free email updates: