Doa Memohon Ampunan Allah


loading...
Sebagai manusia, kita pasti pernah berbuat dosa, baik kepada Allah maupun kepada sesama manusia dan mahluk hidup selain manusia, dan kesalahan. Jangan kita, nabi Muhammad saja juga pernah berbuat kesalahan. Tapi, ia adalah manusia yang dirahmati. Setiap kesalahannya selalu diampuni oleh Allah. Kendati demikian, ia selalu saja memohon ampun atas kesalahannya di akhir salat.


Kita hanya pengikutnya, bukan nabi yang mendapat rahmat seperti beliau yang selalu mendapat jaminan bahwa dosa dan kesalahan diampuni Allah. Oleh sebab itu, kita wajib berdoa memohon ampunan atas semua dosa, baik kecil maupun bresar, yang pernah kita perbuat.


Dalam Surah Al Baqarah ayat 286, Allah telah memberikan petunjuk kepada kaum muslim tentang doa memohon ampunan. Disebutkan bahwa doa ini adalah doa yang dimohonkan oleh golongan orang-orang mukmin.


Adapun doa memohon ampunan yang disampaikan adalah sebagai berikut:
"Ya Tuhan kami, janganlah engkau hukum kami jika kami lupa atau kami salah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana yang Engkau bebankan kepada orang-orang yang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir."


Kalau dicermati, doa tersebut adalah doa yang antisipatif. Pasalnya, juga meliputi permohonan untuk tidak diberi bebab dan pikulan yang berat. Perlu diketahui, lantaran dosa yang diperbuat, hukuman atasnya bisa jadi dipercepat, di antaranya beban dan pikulan berupa cobaan hidup.


Di samping itu, doa tersebut juga meliputi permohonan selalu dirahmati oleh Allah. Dan, yang tak kalah penting adalah permohonan supaya selalu mendapat pertolongan Allah dari gangguan orang kafir. Ketahui juga tuntunan wudhu dan keutamaannya.
loading...

Subscribe to receive free email updates: