Resep Roti Kukus Isi Cokelat


loading...
Pada kesempatan ini Area Halal akan membahas tentang roti kukus isi cokelat. Selain cokelat, sebenarnya bahan isiannya boleh dianekaragamkan. Misalnya diisi potongan pisang (ini resep pisang epe saus durian) atau bahkan gula jawa (biasa digunakan untuk resep bumbu gado-gado spesial meyehatkan). Resep roti kukus isi cokelat ini bukan tanpa telur. Tapi, menggunakan telur supaya teksturnya lebih mengembang dan lembut.

Selain cukup mengenyangkan, roti merupakan salah satu bahan makanan pengganti beras atau nasi yang relatif lebih sehat untuk dikonsumsi. Tak ayal bila hidangan ini sering disajikan sebagai menu tambahan atau pendamping baut orang sakit. Apalagi bila cara membuatnya dilakukan dengan proses kukus. Ditambah dengan cekelat, pastinya hidangan ini tambah menyehatkan untuk dikonsumsi. Oleh sebab itu, hidangan ini dikategorikan ke dalam resep makanan sehat dan halal untuk dikonsumsi. Jangan khawatir repot, karena cara membuatnya sangat sederhana.


Bahan untuk membuat roti kukus isi cokelat:
1. 200 gram gula pasir.
2. 2 butir telur (ini manfaat kuning telur buat kesehatan tubuh).
3. 275 gram tepung terigu protein sedang.
4. 2 sendok teh emulsifier.
5. 0,5 sendok teh baking powder.
6. 0,5 sendok teh perasa vanilla.
7. 60 gram cokelat bubuk.
8. Cokelat batangan secukupnya, dipotong bentuk dadu kecil.


Tips membuat roti kukus isi cokelat:
1. Supaya tidak lengket atau mudah dilepaskan dari wadah cetakan, lapisi cetakan dengan kertas roti,atau balur wadah cetakan dengan mentega dan tepung.
3. Disarankan untuk memakai api besar saat mengukus.



Cara membuat roti kukus isi cokelat:
1. Masukkan telur, gula pasir, dan emulsifier ke dalam wadah, kocok dengan kecepatan sedang selama 10 menit hingga adonan menjadi berwarna lebih pucat, turunkan kecepatannya.
2. Masukkan tepung terigu dan baking powder.
3. Tambahkan perasa vanilla dan cokelat bubuk, aduk hingga rata.
4. Siapkan wadah untuk cetakan roti.
5. Isi setengah bagian wadah cetakan roti dengan adonan.
6. Tambahkan cokelat batangan secukupnya.
7. Isi lagi dengan adonan.
8. Panaskan air di dalam panci pengukus.
9. Kukus adonan yang telah dituang ke dalam wadah cetakan di dalam panci pengukus selama 10 menit atau hingga mengembang, angkat, lepas roti dari cetakan. Simak juga resep brownies yang dibuat dengan cara sehat serta resep kroket original sehat dan halal.

Ikuti semua penjelasan yang telah disampaikan pada resep roti kukus isi cokelat yang telah dijelaskan di atas untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Sebelum disajikan tabur gula halus dibagian atas permukaan roti yang sederhana ini, beri potongan buah ceri atau strawberry untuk memperkaya cita rasa. Bila ingin menambahkan bahan lain sebagai pelengkap, disarankan untuk menggunakan bahan makanan yang sehat dan halal.
loading...

Subscribe to receive free email updates: