Manfaat Kuning Telur Buat Kesehatan Tubuh


loading...
Tak sedikit orang yang menghidari kuning telur. Alasan yang sering mereka lontarkan adalah karena kuning telur banyak mengandung kolesterol. Oleh sebab itu, mereka juga menganggap bahwa itulah yang menyebabkan kegemukan badan.

Padahal, itu tidak selamanya benar. Pasalnya, kuning telur, baik itu telur ayam atau telur bebek, memiliki manfaat yang positif buat kesehatan tubuh. Tapi, bila dikonsumsi secara berlebihan, memang kuning telur akan menjadi salah satu penyebab kegemukan dan gangguan pada kolesterol tubuh. Maka dari itu, penting juga mengonsultasikan kepada ahli gizi tentang seberapa banyak kuning telur yang boleh dikonsumis setiap hari. Sebab, kebutuhan nutrisi pada setiap individu berbeda-beda, bergantung pada berat badan masing-masing.


Adapun manfaat kuning telur buat kesehatan tubuh di antaranya adalah sebagai berikut:
1.   Meningkatkan testosteron.
2.   Mencegah penggumpalan darah.
3.   Anti peradangan (inflamasi).
4.   Menjaga fungsi mata.
5.   Sumber vitamin B12.
6.   Menjaga kinerja sistem saraf.
7.   Mencegah degenerasi otot.
8.   Kaya zat besi.
9.   Baik untuk menjaga kesehatan kandungan dan ibu hamil.


Perlu diketahui, telur maupun kuning telur dapat dibuat menjadi berbagai resep masakan yang istimewa. Nah, dari sekian banyak manfaat kuning telur buat kesehatan badan, beberapa hal itulah yang setidaknya penting untuk diketahui. Setelah mengetahui serentetan manfaat kuning telur buat kesehatan badan, sebaiknya Anda tak perlu berpikir ulang untuk mulai mengonsumsi kuning telur setiap hari. Syaratnya, jumlah kuning telur yang dikonsumsi tidak boleh melebihi batas kecukupan. Oleh sebab itu, penting rasanya untuk mengonsultasikan kebutuhan tubuh Anda akan telur dengan para ahli gizi supaya mendapatkan penjelasan yang tepat dan akurat. Sebab, seperti yang telah disinggung sebelumnya, kebutuhan setiap orang akan kuning telur berbeda-beda.

Adapun aneka resep kuliner yang memanfaatkan telur maupun kuning telur-secara khusus, antara lain, resep kue bolu kismis tabur keju, resep kue lidah kucing spesial Lebaran, resep perkedel tahu ikan spesial, dan resep roti kukus isi cokelat. Kesemua resep tersebut cukup mudah untuk diaplikasikan.
loading...

Subscribe to receive free email updates: