Tips Memilih Kurma yang Berkualitas Baik


loading...
Kalau ngomongin wujud buah kurma, pasti sudah banyak yang tahu. Tapi, bagaimana kalau ngomongin tentang bagaimana cara atau tips memilih kurma yang berkualitas bagus. Pasti, tidak semua orang tahu. Yang jelas, kualitas kurma yang bagus bukan sekadar rasanya yang manis. Kalau soal itu, banyak orang berlaku curang di luaran sana dengan menciptakan rasa manis yang palsu pada buah berwarna cokelat tua atau merah kecokelatan itu.

Mereka memanipulasi rasa manis pada buah asal Timur Tengah itu dengan cara mencampurnya dengan gula merah. Tentu saja hal itu malah akan mengurangi kualitas kurma. Tekstur kurma menjadi lembek dan mudah busuk. Padahal, buah yang banyak dicari pada Bulan Ramadhan itu memiliki kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat buat kesehatan tubuh manusia.

Lantaran manfaatnya yang begitu banyak buat kesehatan, redaksi Area Halal sampai harus membahasnya dalam dua bagian. Yaitu manfaat buah kurma buat kesehatan part 1 dan manfaat buah kurma buat kesehatan part 2.


Selain enak dimakan tanpa dimasak atau diolah lebih lanjut, umumnya buah kurma juga dicampurkan ke dalam beberapa menu masakan. Di samping itu, buah ini juga sering diolah menjadi minuman yang lebih segar bila disajikan dalam konsidi dingin. Salah satunya adalah resep es jus kurma original segar menyehatkan. Selain menyehatnya, hidangan tersebut tentunya juga halal untuk dikonsumsi.


Mengingat begitu banyaknya manfaat buah kurma dan menjadi bahan makanan yang disarankan dikonsumsi, khususnya bagi umat muslim saat berbuka puasa, tentunya penting buat kita mengetahui tentang tips memilih kurma yang berkualitas baik. Sehingga, orang yang mengonsumsinya benar-benar mendapatkan manfaat positif dari buah tersebut secara maksimal.


Berikut ini tips memilih kurma yang berkualitas baik:
  1. Bila kalian membeli kurma dalam kemasan, periksa kemasan tersebut dengan teliti. Jangan pernah membeli kurma yang kemasannya mengalami kerusakan.
  2. Periksa tanggang kadaluarsa pada kemasan.
  3. Periksa apakah ada jaminan dari badan kesehatan atau pengawar peredaran barang dagangan atau konsumsi yang terkait.
  4. Kurma yang memiliki kualitas baik umumnya memiliki kulit luas yang masih utuh atau tidak rusak. Dengan kata lain tidak ada lubang pada kulit kurma, apalagi sarang laba-laba karena sudah terlalu lama disimpan dalam ruangan terbuka.
  5. Kurma yang segar umumnya berwarna cokelat, merah kekuningan atau kecokelatan.
  6. Aromanya tidak aneh. Karena umumnya kurma yang masih dalam kondisi baik tidak memili aroma.
  7. Tekstur kurma padat atau tidak lengket saat dipegang. Bila lengket saat dipegang, patut diduga kurma tersebut telah dimanipulasi dengan cara dicampur dengan gula merah.


Nah, itulah beberapa tips memilih kurma yang berkualitas baik. Sikap hati-hati dan teliti saat membeli harus selalu dikedepankan agar tidak dirugikan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.
loading...

Subscribe to receive free email updates: