Manfaat Kurma Buat Kesehatan Part 1


loading...
Meskipun penampilannya tidak menarik, tapi buah kurma yang sudah cukup matang memiliki cita rasa yang begitu manis. Pasalnya, buah asal Timur Tengah ini memiliki kandungan zat gula yang cukup tinggi. Tak ayal bila buah ini disarankan untuk dikonsumsi buat umat Islam saat berbuka puasa. Selain memiliki cita rasa yang spesial, kurma juga memiliki banyak manfaat buat kesehatan. Salah satunya, meskipun mengandung zat gula yang cukup tinggi, namun buah kurma sangat aman buat orang yang memiliki riwayat penyakit diabetes sekalipun.

Tentunya manfaat kurma buat kesehatan tidak sebatas itu saja. Masih banyak lagi manfaat buah ini untuk menjaga kesehatan manusia bila dikonsumsi setiap hari. Ingin tahu apa saja khasiatnya buat kesehatan? Simak penjelasannya berikut ini hingga tuntas.


1.   Menyembuhkan Rasa Sembelit
Buah kurma merupakan buah yang tinggi serat larut. Nah, zat serat itulah yang telah terbukti ampuh menyembuhkan rasa sembelit dalam perut yang berasal dari sistem pencernaan. Ada tips buat kalian yang sering mengalami sembelit. Supaya khasiatnya lebih cepat terasa, disarankan untuk merendam kurma di dalam air putih hangat selama semalam penuh. Pada pagi harinya, minum air yang digunakan untuk merendam kurma sekaligus kurma yang telah direndam selama semalaman tersebut. Mudah bukan.

2.   Menguatkan Struktur Sekaligus Susunan Tulang
Mineral yang terkadung dalam buah kurma sangat baik untuk menghadang munculnya osteoporosis dini (pengeroposan tulang). Pasalnya, meski tidak mengandung banyak air, tapi kandungan mineral yang ada pada buah kurma sangat tinggi.

3.   Menjaga Kesehatan Gigi
Selain mineral, kandungan zat selenium, magnesium, mangan dan tembaga pada buah kurma juga cukup tinggi sehingga terbukti ampuh untuk menjaga kesehatan gigi. Sejumlah zat tersebut, secara bersamaan juga berfungsi baik untuk menguatkan struktur sekaligus susunan tulang.

4.   Mencegah Munculnya Gangguan usus
Seperti telah disebutkan sebelumnya, kandungan serat dalam buah kurma sangat ampuh untuk menyembuhkan sembelit, buah kurma juga mengandung zat nikotin baik yang dapat difungsikan sebagai obat penangkal munculnya gangguan pada usus. Bila dikonsumsi secara rutin, nutrisi pada buah kurma sangat bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan bakteri jahat di dalam tubuh, terutama pada sistem pencernaan.



Nah, itulah beberapa dari sekian banyak manfaat kurma buat kesehatan part 1. Bila kalian mau tahu lebih banyak manfaat positif buah asal Timur Tengah itu, silakan lanjut membaca manfaat kurma buat kesehatan part 2.
loading...

Subscribe to receive free email updates: