Definisi Doa Adalah


loading...
Definisi doa adalah permohonan (harapan, permintaan, pujian) kepada Tuhan. Demikian yang tertulis di dalam kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Yang kita ketahui secara umum, doa bersifat positif. Misalnya, doa meminta kesejahteraan, kebahagiaan, kekayaan, kemantapan hati, kesabaran, dihindarkan dari sifat munafik dan lain sebagainya. Kendati demikian, namun tetap saja ada doa yang bersifat negatif. Misalnya, meminta supaya orang-orang yang kebetulan berlaku menghinakan kaumnya ditimpa musibah atau semacamnya.

Menurut saya pribadi, doa merupakan senjata tak kasat mata yang paling ampuh di muka bumi ini. Keampuhannya, melebihi santet, teluh, pelet maupun hal sejenis lainnya yang sumbernya berasal dari setan. Tak hanya itu, keampuhan sebuah doa juga berada di atas logika, ilmu alam, ilmu aljabar dan ilmu-ilmu lainya yang umum diketahui oleh banyak orang. Sebab, terkabulnya sebuah doa datangnya dari Tuhan Yang Maha Esa, yaitu Allah. Dialah yang memiliki segala-galanya, berikut alam semesta dan seisinya.


Tapi, untuk menjadikannya ampuh, boleh dibilang susah-susah gampang. Sebab, hal itu sangat bergantung dengan amal perbuatan kita masing-masing. Terkait keampuhan sebuah doa akan dibahas pada kesempatan berikutnya.

Sebuah kisah nyata tentang keampuhan sebuah doa sudah pernah dibuktikan oleh KH Arifin Ilham dalam sebuah tablig akbar 3 dai (KH Yusuf Mansur, Ustad Syafii Antonio dan KH Arifin Ilham). Ketika itu, dia divonis oleh dokter kalau nyawanya tak akan bertahan lama lagi. Sampai-sampai, keluarga dan kerabat dekatnya telah menyiapkan tempat pemakaman. Saat itu, kondisinya kritis dan harus dirawat di rumah sakit lantaran tangannya dipatuk ular berbisa.

Kalaupun bisa bertahan hidup, Arifin mengatakan, badannya bakal lumpuh dan idiot. Dan yang lebih parah lagi, lanjutnya, kalapun bisa bertahan hidup, dia divonis akan mengalami impotensi. Bukankah hal itu yang paling dikhawatirkan oleh kaum pria. Sayangnya, ketika itu dia tidak menyebutkan kapan cobaan tersebut menimpanya. Mungkin, kalau kalian berjumpa dengan beliau, bisa ditanyakan langsung.

Meski telah divonis sedemikian buruk, namun seorang Arifin Ilham tak berputus asa. Dia memakai senjata yang paling ampuh sejagat raya. Senjata yang dia pakai untuk memerangi sakitnya itu tidak lain adalah doa.

Sembari terus menjalani perawatan serta pengobatan, doa yang ia pakai sebaga senjata juga dijadikannya sebagai obat penyembuh sakitnya. Dia juga meyakini bahwa doanya didengar dan akan dikabulkan oleh Allah. Alasannya, karena Allah yang memiliki penyakit sekaligus kesembuhan.

Walhasil, masa kritis dari sakitnya itu bisa dilalui dengan mulus. Dan, ajaibnya sekarang kondisi Arifin Ilham sehat walafiat. Vonis dokter yang jikalau dia bertahan hidup kemungkinan besar akan mengalami idiot, lumpuh atau impotensi, tidak terbukti. Bukankah hal ini sudah cukup memberikan bukti kepada kita semua tentang betapa ampuhnya doa. Nah, kalau yang ini adalah doa memohon ampunan Allah.
loading...

Subscribe to receive free email updates: