Tips Masak Ayam Supaya Sehat Untuk Dikonsumsi


loading...
Siapa yang tidak suka menu ayam goreng. Selain lezat, daging jenis unggas ini juga halal untuk dikonsumsi. Tapi, jangan asal makan. Pasalnya, meskipun halal, namun ada juga bagian dari ayam yang tidak menyehatkan bila dikonsumsi secara berlebihan. Oleh sebab itu, merupakan suatu hal yang cukup penting juga untuk mengetahui tips masak ayam supaya sehat untuk dikonsumsi.

Seperti yang diketahui secara umum, ayam, baik yang berjenis ayam kampung maupun ayam broiler, memiliki kandungan lemak. Nah, lemak itulah yang berbayaha bagi kesehatan bila dikonsumsi terlalu banyak. Apalagi bila daging jenis unggas tersebut dimasak dengan cara digoreng, dibakar atau dipanggang. Risiko bagi kesehatan ketika mengonsumsinya menjadi lebih tinggi. Tengok saja betapa tingginya kadar lemak pada minyak goreng, mentega atau margarin.

Guna mengurangi risiko ganguan kesehatan, ada baiknya bila sebelum masak ayam, terlebih dahulu membersihkan lemak pada ayam itu sendiri. Umumnya bagian lemak pada ayam terdapat di bagian bawah kulit. Lemak melapisi daging ayam pada bagian-bagian tertentu. Artinya, tidak semua bagian pada organ salah satu jenis unggas terdapat lemak.


Umumnya, bagian organ ayam yang banya lemaknya, antara lain di bagian paha, ekor dan di bagian punggung di dekat ekor dan pangkal paha atas.

Adapun cara membersihkan atau menghilangkan lemak yang terdapat pada bagian-bagian tersebut cukup mudah. Ketika masuk dalam proses dicuci atau dibersihkan, kalian tinggal membuang lemak yang terdapat pada bagian-bagian tersebut.

Di samping itu, usahakan tidak terlalu banyak mengonsumsi kulit ayam. Sebab, kulit ayam juga mengandung lemak. Bila terlalu banyak mengonsumsi lemak, paling tidak risiko terkena gangguan kesehatan pada darah dan jantung menjadi lebih tinggi.

Tips masak ayam supaya sehat untuk dikonsumsi yang telah dipaparkan di atas juga bisa diterapkan ketika kalian memasak daging jenis unggas lain, seperti bebek, itik atau burung puyuh.

Tips ini dapat Anda gunakan untuk mengaplikasikan aneka masakan berbahan daging ayam. Seperti;
loading...

Subscribe to receive free email updates: