Resep Gulai Ikan Tanpa Santan Sehat Berkhasiat


loading...
Resep gulai ikan tanpa santan yang satu ini sungguh spesial. Pasalnya, masakan ini dapat digolongkan ke dalam makanan sehat. Bagaimana tidak? Seperti yang dikatahui secara umum, ikan mengandung omega 3 yang cukup tinggi.

Lemak ikan juga dipastikan lebih menyehatkan ketimbang lemak daging ayam atau daging sapi. Tak ayal bila makanan ini berkhasiat untuk menyehatkan badan. Selain masakan ini, masih banyak juga aneka masakan berbahan ikan yang juga bermanfaat buat kesehatan. Misalnya;

Perlu diketahui, resep gulai ikan tanpa santan yang sehat dan berkhasiat ini cukup mudah untuk diaplikasikan. Sama halnya dengan sejumlah resep makanan sehat lain yang sudah pernah dibahas sebelumnya. Karena bumbu yang digunakan cukup beragam, persiapkan semuanya dahulu sebelum mulai memasak.


Bahan:
1. 300 gram ikan patin, potong dengan bentuk dan ukuran sesuai kebutuhan. Balur dengan larutan air asam Jawa (yang dibuat dari 1 sendok teh air putih dan 1 sendok teh asam Jawa) dan garam secukupnya, diamkan selama 10 menit, kemudian cuci bersih. Resep masakan berbahan ikan patin yang lain. Misalnya, resep ikan goreng masak tradisional sehat dan enak atau resep ikan patin bumbu kuning tanpa santan.
2. 300 mililiter air putih.

Bumbu yang dihaluskan:
1. 1 siung bawang putih.
2. 6 siung bawang merah.
3. 3 buah cabai merah keriting.
4. 1 buah tomat merah.
5. Kunyit seukuran 1 ruas jari kelingking.
6. 0,25 sendok teh terasi, bakar terlebih dahulu.
7. Garam, gula pasir, dan lada putih bubuk secukupnya.

Bumbu pelengkap:
1. 1 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya.
2. Lengkuas seukuran 1 ruas ibu jari, dimemarkan.
3. 1 batang serai, gunakan bagian putihnya saja, kemudian dimemarkan.
4. 1 lembar daun kunyit, disimpul.


Tips:
1. Jumlah cabai yang digunakan boleh disesuaikan selera.
2. Jumlah tomat yang digunakan boleh disesuaikan selera.


Cara membuat gulai ikan tanpa santan sehat berkhasiat:
1. Masukkan semua bumbu yang sudah dihaluskan dan bumbu pelengkap ke dalam panci kecil atau wajan kecil, aduk sampai tercampur rata.
2. Gunakan campuran dari bumbu pelengkap dan bumbu yang sudah dihaluskan untuk melumuri ikan, diamkan atau simpan di dalam kulkas selama 20 menit.
3. Tuangkan air, masak sampai mendidih, kecilkan api kompornya, masak kembali sambil diaduk sesekali sampai ikan pating matang, matikan api kompornya.
4. Pindah ke wadah saji, gulai ikan tanpa santan yang sehat berkhasiat siap dihidangkan bersama resep salmon goreng mentega sederhana. Simak juga resep gimbal ikan teri basah renyah atau resep tumis ikan asap pedas spesial.

Adapun resep gulai ikan tanpa santan sehat menyehatkan ini setara buat 2 porsi atau lebih.
loading...

Subscribe to receive free email updates: