Resep Kering Kentang Cemilan Renyah dan Sehat


loading...
Selain sebagai lauk, resep kering kentang berikut ini juga dapat dijadikan sebagai alternatif pilihan menu camilan. Tak hanya enak, makanan ringan ini memiliki tekstur yang renyah dan tergolong makanan sehat.

Tekstur tersebut berasal dari kentang yang diiris tipis kemudian digoreng dengan minyak yang panas sempurna. Teknik ini juga harus Anda terapkan ketika mengaplikasikan resep tahu isi sayuran renyah goreng tepung maupun resep mendoan renyah sederhana.

Perlu diketahui, makanan ringan ini sama menariknya dengan aneka resep camilan yang pernah dibahas sebelumnya. Tentunya, hasil dari mengaplikasikan resep kering kentang camilan renyah dan sehat ini dapat dijadikan menu camilan di sore hari.


Bahan:
1. 750 gram kentang, iris tipis.
2. 300 mililiter air kapur sirih.
3. 1 liter air es.
4. Minyak sayur secukupnya untuk menggoreng.

Bumbu:
1. 50 gram bawang putih goreng.
2. 20 siung bawang putih, dihaluskan.
3. Garam, gula pasir, dan lada putih bubuk secukupnya.

Bahan pelengkap (optional):
1. Keju cheddar, diparut.
2. Bubuk serbuk aneka rasa.


Tips:
1. Resep makanan sehat ini dibalur dengan rasa bawang. Tapi tidak menutup kemungkinan untuk dibalur dengan rasa yang sesuai dengan selera Anda masing-masing.
2. Bila ingin menambahkan rasa pedas, Anda bisa menambahkan bubuk cabai.


Cara membuat kering kentang camilan renyah dan sehat:
1. Masukkan air kapur sirih, garam, dan air es ke dalam wadah.
2. Gunakan campuran air tersebut untuk merendam kentang yang sudah diiris tipis sebelum digoreng, diamkan selama 15 menit, tiriskan, sisihkan.
3. Masukkan bawang putih yang sudah dihaluskan, garam, gula pasir, dan lada putih bubuk ke dalam wadah, aduk sampai tercampur rata.
4. Balur kentang dengan campuran bumbu tersebut.
5. Panaskan minyak sayur untuk menggoreng.
6. Goreng kentang yang sudah dicampur bumbu sambil dibolak-balik sampai berwarna kuning kecokelatan dan kering, angkat, tiriskan, dinginkan.
7. Susun di wadah saji atau tuples, tambahkan bawang putih goreng, aduk sampai tercampur rata, kering ketang camilan yang renyah dan sehat siap dihidangkan bersama resep jus alpukat buat meningkatkan stamina ibu hamil serta resep es kopyor fantasi enak lebih sehat.

Adapun resep kering kentang camilan renyah dan sehat ini setara buat 4 porsi atau lebih.
loading...

Subscribe to receive free email updates: