Penyebab Sakit Tulang Belakang & Pengobatan Alternatifnya


loading...
Penyebab sakit tulang belakang bisa bermacam-macam. Kasus yang sering menyebabkan sakit tulang belakang adalah pola seseorang dalam aktivitasnya sehari-hari. Berbagai cara dilakukan untuk mengobatinya. Mulai dari cara konvensional hingga pengobatan alternatif.

Pengobatan alternatif untuk meredam sakit tulang belakang juga bermacam-macam. Mulai dari mengaplikasikan ramuan alami pada bagian yang mengalami sakit tulang belakang hingga mengonsumsi obat herbal.

Seperti yang dikutip dari Tempo (11/1/2016), menurut dr Ferius Soewito, spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi dari Flexfree Musculoskeletal Rehabilitation Clinic, penyebab sakit tulang belakang adalah perilaku penderitanya. Di antaranya, kebiasaan duduk membungkuk dan bekerja menggunakan komputer dengan posisi meja kamputer lebih rendah atau lebih tinggi.


Selain itu, sakit tulang belakang juga kerap disebabkan kebiasaan salah ketika mengangkat benda-benda berat. Biasanya, ketika hendak mengambil atau mengangkat benda berat, orang melakukan dengan cara membungkuk terlebih dahulu. Mau tidak mau, cara itu membuat tulang belakanglah yang menjadi tumpuan.

Menurutnya, itu adalah kebiasan salah yang menjadi salah satu penyebab sakit tulang belakang. Cara yang benar adalah jongkok terlebih dahulu. Dengan begitu, yang menjadi tumpuan ketika mengangkat benda berat adalah kaki, bukan punggung (tulang belakang).

Selain pengobatan konvensional, ada beberapa hal yang dapat diupayakan untuk mengobati sakit tulang belakang. Seperti dikuti dari Alodokter (11/1/2016), beberapa macam olahraga terbukti memberikan efek positif dalam upaya mengobati sakit tulang belakang. Yaitu, renang dan jalan kaki (jogging). Cara itu disebut-sebut sebagai salah satu pengobatan alternatif untuk menembuhkan sakit tulang belakang.

Pasalnya, kedua jenis olahraga tersebut dapat memperkuat masa otot. Terutama otot yang berada di area tulang belakang. Dengan melakukan olahraga secara rutin setidaknya 30 menit sehari, terbukti dapat menyembuhkan sakit tulang belakang secara berkala.


Sumber:
  • http://gaya.tempo.co/read/news/2016/01/07/060733958/awas-kebiasaan-ini-bisa-memicu-nyeri-tulang-belakang
  • http://www.alodokter.com/nyeri-punggung
loading...

Subscribe to receive free email updates: