Resep Ikan Goreng Tepung Saus Asam Manis


loading...
Ikan goreng tepung memang cocok dihidangkan bersama saus asam manis. Tekstur yang renyah memberikan sensasi tersendiri ketika dibalur dengan saus tersebut. Serat daging ikan juga menentukan kelezatan menu ini. Serat daging ikan memang menjanjikan cita rasa yang istimewa. Selain masakan yang akan dibahas pada kesempatan ini, keistimewaan rasa daging ikan juga dapat ditemukan pada;

Pilih ikan yang memiliki serat lembut, seperti gurami atau tengiri. Pada resep ini yang digunakan adalah tengiri. Jadi, buat yang suka ikan tenggiri, resep ikan goreng tepung saus asam manis ini tentu menjadi sebuah kabar menggembirakan. Anda dapat menjadikan resep makanan sehat berbahan ini sebagai referensi. Terutama referensi untuk menyediakan makanan enak di saat acara kumpul bersama keluarga atau teman. Supaya berhasil, simak betul bahan dan bumbu yang digunakan. Sehingga tidak ada yang terlewat.


Bahan dan bumbu untuk membuat saus asam manis:
1.   Mentega atau margarin secukupnya untuk menumis.
2.   1 siung bawang bombay, diiris.
3.   2 siung bawang putih, dimemarkan, kemudian dicincang.
4.   Garam, gula pasir dan lada putih bubuk secukupnya.
5.   4 buah tomat ceri, masing-masing dipotong menjadi 4 bagian.
6.   Saus tomat sesuai selera.
7.   50 mililiter air kaldu ayam.
8.   1 buah jeruk nipis, ambil airnya.
9.   0,5 sendok teh kecap inggris.
10.  50 gram buah nanas, dipotong-potong.

Bahan:
1.   Ikan goreng tepung (penjelasannya ada pada resep ikan goreng tepung crispy sehat dan halal). Di dalamnya terdapat rincian tentang bahan dan bumbu untuk membuat ikan goreng tepung. Selain itu, Anda juga berkreasi dengan aneka bahan seafood lainnya.


Tips:
1.   Bila kurang saus asam manis kurang kental, Anda boleh menambahkan 1 sendok teh larutan tepung maizena. Cara membuatnya, 1 sendok teh tepung maizena dilarutkan dengan 1 sendok makan air putih.
2.   Anda boleh menambahkan saus cabai dengan jumlah sesuai selera untuk mendapatkan rasa pedas.


Cara membuat:
1.   Panaskan mentega atau margarin sampai meleleh untuk menumis.
2.   Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum dan layu.
3.   Masukkan semua bahan dan bumbu untuk saus asam manis kecuali air kaldu dan nanas, aduk sampai tercampur rata.
4.   Tuangkan air dan masukkan nanas, masak sampai nanas menjadi agak layu, mendidih dan mengental, matikan api kompornya.
5.   Letakkan ikan goreng tepung di piring saji, siram dengan saus asam manis, siap dihidangkan.

Yakin, sudah bisa membuat ikan goreng tepung saus asam manis? Kalau iya, jangan buru-buru berpaling dari halaman ini dulu. Sebab, masih ada aneka masakan berbahan ikan yang tak kalah lezat. Seperti;
loading...

Subscribe to receive free email updates: