Resep Bakso Ikan Lele Murah Tetap Sehat


loading...
Tak membutuhkan banyak budget untuk membuat resep bakso ikan lele ini. Iya saja, karena dibanding dengan jenis ikan lainnya, lele tergolong relatif lebih murah.

Meskipun murah, namun bukan berarti bahan makanan olahan ini makanan murahan. Selain enak, bakso ikan lele ini juga memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi.

Meski pada resep bakso ini menggunakan daging ikan lele, tapi pada dasarnya semua jenis ikan dapat digunakan. Termasuk ikan tuna, bandeng, cakalangan dan lain sebagainya.

Daging ayam dan daging sapi juga dapat digunakan. Bakso yang dibuat dari daging ikan lele ini juga dapat diolah menjadi berbagai macam aneka masakan.


Berikut ini pejelasan lengkap tentang bahan, bumbu serta cara membut bakso ikan lele yang tak perlu membutuhkan budget besar, tapi tetap sehat.


Bahan:
1. 200 gram daging ikan lele, dihaluskan.
2. 1 butir telur, gunakan putih telurnya saja.
3. 50 gram tepung sagu.
4. 25 mililiter air es.

Bumbu:
1. Garam secukupnya.
2. Gula pasir secukupnya.

Pelengkap:
1. Air putih secukupnya untuk merebus bakso.

Tips:
1. Selain tepung sagu, Anda juga bisa menggunakan tepung maizena atau tepung kanji.
2. Supaya rasa ikan pada baksonya kuat terasa, disarankan perbandingan jumlah daging ikan dan tepung sagu adalah 4 banding 1.

Cara membuat:
1. Kecuali ari es, masukkan semua bahan yang sudah disiapkan ke dalam wadah untuk membuat adonan bakso ikan.
2. Tuangkan air es, aduk sampai tercampur rata.
3. Rebus air putih untuk merebus bakso.
4. Ambil adonan bakso ikan lele, buat bentuk bulat, masukkan ke dalam air yang sudah mendidih. Rebus sampai matang (bakso terapung), tiriskan.
5. Bakso ikan lele siap dihidangkan atau diolah menjadi aneka masakan berbahan bakso. Misalnya, dapat bunda campurkan pada aneka resep masakan sehat sederhana atau pada aneka resep masakan praktis murah dan sehat.

Kalau bunda mengikuti pentunjuk yang ada pada resep, bakso ikan lele ini cukup untuk 4 porsi. Selamat mencoba.
loading...

Subscribe to receive free email updates: