Resep Ikan Kembung Goreng Tepung Renyah Lezat


loading...
Ngomongin masakan berbahan ikan kembung, itu serasa tak ada habisnya. Soalnya, begitu banyak tercipta aneka masakan tradisional berbahan salah satu dari jenis ikan laut tersebut.

Mulai dari yang sederhana hingga yang membutuhkan keahlian khusus untuk membuatnya. Misalnya, resep ikan kembung kukus sehat dan halal atau resep sambal pecak ikan goreng.

Nah, pada kesempatan ini saya akan berbagi resep ikan kembung yang cukup mudah untuk diaplikasikan. Namanya, ikan kembung goreng tepung.

Meski mudah, tapi Anda harus benar-benar tahu bahan dan bumbu apa saja yang harus digunakan supaya hasilnya memuaskan. Sebelum digoreng, ikan kembung segar dicelup ke dalam adonan tepung.


Adonan tepung ini yang membuat tekstur masakan praktis dan kreatif ini menjadi kering dan terasa renyah ketika dikunyah.


Bahan:
1. 6 ekor ikan kembung (setara 1 kilogram), bersihkan, dikerat.
2. 125 mililiter air putih.
3. Panaskan minyak sayur secukupnya untuk menggoreng.

Bumbu yang harus dihaluskan:
1. 3 siung bawang putih.
2. Kunyit seukuran 2 sentimeter.
3. Garam, gula pasir, dan lada putih secukupnya.

Bahan dan bumbu untuk membuat adonan tepung:
1. 75 gram tepung terigu protein sedang.
2. 3 sendok makan tepung beras.
3. Garam dan lada putih bubuk secukupnya.
4. 0,25 sendok teh baking powder.


Cara membuat ikan kembung goreng tepung yang renyah dan lezat:
1. Balur ikan kembung dengan garam dan air jeruk nipis secukupnya diamkan selama 15 menit untuk mengurangi bau amis, cuci bersih. Setelah itu, balur kembali ikan kembung dengan bumbu yang sudah dihaluskan, diamkan sampai meresap (lebih kurang 15 menit). 
2. Sembari menunggu ikan kembung siap diolah larutkan tepung terigu, tepung beras, baking powder, garam, dan lada putih bubuk dengan air putih untuk membuat adonan tepung.
3. Panaskan minyak sayur untuk menggoreng. Celupkan ikan kembung berbumbu ke dalam adonan tepung, angkat, masukkan ke dalam minyak sayur panas, goreng sambil dibolak-balik sampai berwarna cokelat keemasan, matang, garing, angkat, tiriskan.
4. Pindah ke wadah saji, ikan kembung goreng tepung siap dihidangkan. Ikan kembung yang dimasak seperti ini, paling cocok dihidangkan bersama;
loading...

Subscribe to receive free email updates: