Tips Masak Tanpa MSG Pasti Sehat dan Halal 4


loading...
Ini adalah bagian keempat dari trik masak tanpa MSG pasti sehat dan halal. Pada ketiga bagian sebelumnya, setidaknya redaksi Area Halal telah memberikan informasi tentang 5 bahan alami yang sehat dan pasti halal yang dapat dijadikan sebagai bahan pengganti MSG (monosodium glutamate).

Tak dapat dipungkiri bahwa makanan adalah kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Tak sekadar itu, makanan juga harus enak, sehat dan halal. Namun, terkadang orang sering mengabaikan 2 hal terakhir yang disebut. Supaya sebuah masakan memiliki cita rasa yang enak, orang cenderung memilih jalan pintas. Misalnya, dengan asal menggunakan MSG. Padahal, MSG bukan bahan makanan yang tidak membawa risiko, bila dikonsumsi secara terus menerus.

MSG disinyalir membawa dampak buruk buat kesehatan. Meski pendapat ini hingga sekarang masih diperdebatkan, namun alangkah baiknya bila mulai dari sekarang lebih untuk memilih bahan makanan yang terbukti dan sudah pasti sehat dan halal. Toh, ada banyak bahan alami yang sehat dan halal yang dapat dijadikan sebagai pengganti MSG. Misalnya, 3 bumbu dasar pengganti MSG seperti yang telah dijelaskan pada tips masak tanpa MSG pasti sehat dan halal bagian pertama, kemudian 2 bahan seafood yang telah diungkapkan pada tips masak tanpa MSG pasti sehat dan halal 2 dan tips masak tanpa MSG pasti sehat dan halal 3.


Nah, kini tambah satu lagi bahan-bahan alami yang sehat dan halal yang memili fungsi serupa, yakni sebagai pengganti MSG. Bahan itu adalah air kaldu daging atau seafood. Cara membuat air kaldu sunggung mudah. Yang perlu diutamakan adalah kesabaran, karena proses membuatnya cukup lama. Tapi, bahan yang dipakai relatif mudah didapatkan dan yang pasti terjamin sehat serta halal.

Bila tertarik mencoba? Simak cara membuat air kaldu daging atau seafood berikut ini hingga tuntas supaya hasilnya memuaskan dan dapat Anda tambahkan ke dalam semua jenis masakan yang Anda suka. Di antaranya, resep ayam panggang madu dan rahasianya, resep bubur Manado sehat buat badan dan pencernaan, resep sup ayam sehat segar menggoda selera, sup daging sapi lezat dan menghangatkan badan, resep sup daging spesial (menu praktis dan sehat), resep telur ceplok bumbu kecap (sarapan sehat halal) atau resep telur masak kecap spesial sehat dan halal.


Bahan yang dibutuhkan untuk membaut air kaldu daging atau seafood:
1.  500 gram tulang sapi, kambing atau kaki ayam, dimemarkan. Bila ingin membuat air kaldu seafood, gunakan udang (jangan dikupas).
2.  1 batang wortel, kupas kulitnya, dipotong menjadi beberapa bagian.
3.  2 utas daun bawang, disimpul.
4.  3 utas daun seledri, disimpul.
5.  1,5 liter air putih.


Cara membuat air kaldu daging atau seafood: 
1.  Rebus semua bahan yang telah disiapkan hingga matang.
2.  Biarkan mendidih hingga airnya menyusut, minimal menjadi 1 liter, saring.
3.  Air kaldu sudah siap dipakai untuk dijadikan sebagai bahan pengganti MSG yang sehat dan halal. Caranya, Anda tinggal menambahkan saja ke berbagai masakan yang Anda buat.

Perlu diketahui, supaya hasilnya maksimal, setelah air mendidih, api kompornya dikecilkan. Kemudian, Anda hanya tinggal membiarkan hingga airnya menyusut. Nah, itulah cara cerdas yang bisa Anda gunakan saat memasak tanpa menggunakan MSG.
loading...

Subscribe to receive free email updates: