Tips Masak Tanpa MSG Pasti Sehat dan Halal 2


loading...
Ini adalah bagian kedua dari tips masak tanpa msg yang sudah pasti membuat makanan sehat dan halal tetap sehat dan halal. Pada bagian pertama dari trik masak tanpa MSG pasti sehat dan halal, redaksi Area Halal sudah menjelaskan 3 bumbu dasar yang dapat dimanfaatkan sebagai pengganti monosodium glutamate (MSG).

Pada kesempatan ini, bagian kedua dari tips ini adalah sebagai berikut. Trik sama sama simpelnya dengan tips yang sama pada bagian pertama. Pasalnya, bahan yang dibutuhkan bisa Anda dapatkan di pasar tradisional maupun di swalayan. Bahan itu adalah ikan teri.

Perlu diketahui, ikan teri memiliki cita rasa gurih yang khas dan alami, meskipun tidak dibumbui sekalipun. Anda cukup mencuci bersih ikan tersebut, kemudian ditumis sebentar, lalu dicampurkan ke dalam masakan. Tapi, yang jadi pertanyaan, adalah bagaimana jika akan membuat masakan yang rasanya tidak cocok bila dipadukan dengan cita rasa ikan teri.


Tak perlu khawatir. Yang harus dilakukan adalah Anda perlu sedikit mengolahnya. Dengan pengolahan berikut ini, niscaya ikan teri tersebut dapat digunakan sebagai pengganti MSG untuk segala jenis masakan. Tapi, tidak disarankan digunakan untuk membuat kue.

Berikut ini tahapan yang bisa Anda terapkan agar ikan teri dapat Anda jadikan sebagai bahan pengganti MSG untuk semua masakan:
1.  Setelah dicuci bersih, beri larutan air dan garam yodium secukupnya, tiriskan.
2.  Panaskan minyak goreng secukupnya.
3.  Goreng ikan teri hingga matang dan teksturnya menjadi crispy, angkat, tiriskan, biarkan hingga suhunya menjadi normal.
4.  Haluskan dengan menggunakan blender.
5.  Ikan teri sudah siap disimpan atau langsung digunakan sebagai bahan pengganti MSG yang sehat dan halal.


Dengan begitu, kini ikan teri dapat Anda campurkan ke segala jenis masakan favorit Anda masing-masing. Nah, tips ini bisa Anda terapkan pada aneka resep masakan. Misalnya, resep tumis tempe praktis dan sehat maupun resep tumis labu siam dan wortel enak. Tapi, bila Anda masih ingin mendapatkan bahan alternatif lain yang juga aman buat kesehatan untuk dijadikan sebagai bahan pengganti MSG, mungkin Anda harus melihat bagian berikutnya dari tips masak tanpa MSG pasti sehat dan halal 3.
loading...

Subscribe to receive free email updates: